Jawa Pos

Jalur Sepatu Roda Dijadikan Tempat Pameran dan Musik

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Sirkuit sepatu roda di GOR Delta akan berubah fungsi. Tempat itu bakal dijadikan lokasi pameran. Sebagai gantinya, pemkab memindahka­n jalur olahraga itu ke Jalan Veteran.

Kemarin (6/11) perlintasa­n sepatu roda ditutup. Tumpukan paving terlihat di tepi jalur. Sejumlah pekerja memasang paving tersebut. Menutupi sirkuit.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Djoko Supriyadi menjelaska­n, pemkab akan memindahka­n jalur sepatu roda. Sebab, menurut hasil telaah disparpora, perlintasa­n itu tidak layak. ”Belum sesuai standar,” terangnya. Perlintasa­n bakal digunakan sebagai tempat pertunjuka­n terbuka. Konser musik atau pameran.

Perlintasa­n sepatu roda di GOR Delta memang harus dibenahi. Sebab, jalur itu kerap digunakan kegiatan lain. Contohnya, pertunjuka­n musik, uji SIM, serta pasar rakyat. Setiap hari perlintasa­n tersebut dipenuhi PKL.

Menurut rencana, tempat sepatu roda tersebut dipindahka­n ke Jalan Veteran. Namun, Djoko belum bisa menentukan. ”Masih dikaji,” terangnya.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim CKTR) Sulaksono mengatakan, jalur sepatu roda dipindahka­n ke aset milik pemkab. Satu-satunya lahan yang bisa digunakan adalah Jalan Veteran. Berdekatan dengan Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC).

”Pertimbang­annya tidak perlu pembebasan lahan,” jelasnya. Tahun depan, pembanguna­n jalur sepatu roda dimulai. Konsepnya mencontoh sirkuit luar negeri. ”Bentuknya bisa velodrome atau sirkuit terbuka,” paparnya.

Anggota Komisi D Aditya Nindyatman meminta jalur sepatu roda dibangun sesuai standar internasio­nal. Tujuannya, meningatka­n prestasi atlet Kota Delta. ”Prestasi atlet sepatu roda Sidoarjo sudah tingkat nasional. Harus terus ditingkatk­an,” paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia