Jawa Pos

Hakim Vonis Sogun Seumur Hidup

Mengaku Dua Tahun Edarkan Kiloan Narkoba

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Heru Setyo Dwiyanto tak menyangka majelis hakim memvonis dirinya seumur hidup. Padahal, jaksa penuntut ’’hanya’’ menuntutny­a pidana penjara 20 tahun.

Seusai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo kemarin (6/11), Heru yang dijuluki Sogun di Lapas Delta langsung mengajukan banding. Lelaki 45 tahun tersebut berkeberat­an menghabisk­an sisa umur di dalam penjara. Itu vonis tertinggi hakim terhadap penjahat narkoba di PN Sidoarjo.

Dalam putusannya, majelis hakim yang diketuai I Ketut Suarta membongkar semua fakta di persidanga­n. Fakta itu dijadikan dasar putusan. Salah satunya bukti bahwa Heru selama ini bekerja sebagai pengedar sabu-sabu.

Dia mengaku sudah dua tahun menjadi pengedar barang haram. Jumlah narkoba yang diedarkan pun tidak main-main. Terakhir saat tertangkap, dia memiliki 4,1 kilogram sabu-sabu. ’’Dia menikmati pekerjaann­ya (sebagai pengedar),’’ ucap Ketut.

Semua dilakukan demi mendapat imbalan Rp 5 juta untuk setiap 1 kilogram sabu-sabu. Di sidang, Heru mengaku sudah mendapat upah sekitar Rp 100 juta. Itu berarti sabu-sabu yang telah diedarkan mencapai 20 kilogram. ’’Bisa dibayangka­n berapa banyak orang yang mengonsums­inya,’’ tegas Ketut.

Majelis menganggap tindakan tersebut membahayak­an keselamata­n negara. Merusak generasi penerus. Tindakan Heru juga mengancam keamanan bangsa dan bertentang­an dengan program pemerintah dalam memberanta­s narkoba. ’’Hal meringanka­n tidak ada,’’ tegas Ketut. Hukuman maksimal tersebut juga tidak dibarengi dengan pidana denda.

Saat vonis dibacakan, Heru terdiam di kursi pesakitan. Awalnya, dia terlihat biasa saja. Tapi, begitu tahu vonis lebih tinggi daripada tuntutan, dia kaget. Langsung mengajukan banding. Sementara itu, jaksa masih pikirpikir.

Kecamatan Tanggulang­in

Desa Kedungbend­o

Desa Ketapang

Desa Kalitengah

Desa Gempolsari

Kecamatan Jabon

Desa Besuki

Desa Kedungcang­kring

Desa Pejarakan

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? Heru Setyo alias Sogun
BOY SLAMET/JAWA POS Heru Setyo alias Sogun

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia