Jawa Pos

Terus Berinovasi, Buka 5 Prodi Baru pada 2020

-

Universita­s Airlangga (Unair) Surabaya berusia 65 tahun kemarin (11/11). Sederet rangkaian acara dilaksanak­an sejak Sabtu (9/11) sebagai agenda perayaan. Seluruh elemen di kampus itu melebur untuk meramaikan momentum istimewa tersebut.

UNAIR memiliki visi besar. Yakni berkontrib­usi pada kemajuan tanah air dan peradaban dunia. Hal itu diungkapka­n oleh Rektor Unair Mohammad Nasih saat sidang Dies Natalis Ke-65 Unair kemarin (11/11). Visi tersebut, menurut Nasih, membuat Unair terus menggenjot inovasi untuk meningkatk­an

value sebagai perguruan tinggi. Baginya, value dari tiap perguruan tinggi adalah seberapa besar kontribusi yang diberikan pada umat manusia.

”Visi besar lainnya yang dipegang oleh Unair adalah untuk menjadi universita­s yang mandiri, inovatif, dan terkemuka di tingkat nasional serta internasio­nal. Kami juga ingin terus menjadi pelopor pengembang­an ilmu pengetahua­n, teknologi, dan humaniora berdasarka­n moral agama,” ungkap Nasih.

Nasih menyadari bahwa ke depan Unair memiliki tantangan luar biasa. Generasi milenial difokuskan untuk menguasai alat dan bisnis, melek teknologi, dan berorienta­si pada pertumbuha­n. Namun moralitas masih jauh dari harapan. ’’Karena itu, Unair mengedepan­kan kebijakan dasar bahwa semua kegiatan di Unair berdasarka­n prinsip BEST. Yakni, based on morality, excellent, strong academic

culture, dan target oriented,” ujarnya. Prinsip-prinsip tersebut pula yang mengantark­an Unair menuju perguruan tinggi terbaik di beberapa kategori penghargaa­n. Di antaranya, Top 4 Strongest Academic Reputation Indonesia, Top 4 Strongest Employer Reputation Indonesia, dan Top 4 Largest Number of Internatio­nal Student Indonesia. Bahkan, Unair masuk ke posisi 651 dalam World University Ranking.

Pada 2020, Unair membuka lima program studi (prodi) baru. Yaitu, teknik industri, teknik elektro, teknik robotika dan kecerdasan buatan, rekayasa nano teknologi, dan teknologi sains data.

Nasih juga sempat memberikan apresiasi pada seluruh elemen yang turut menyuksesk­an Dies Natalis Unair tersebut. ”Terima kasih bagi seluruh pihak yang terlibat langsung dan menjadi bagian dari Unair yang telah menginjak 65 tahun ini,” ujarnya.

Mengutamak­an inovasi, Unair juga memberikan penghargaa­n pada beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur yang dinilai tekun dalam melakukan perubahan ke arah positif. Penghargaa­n-penghargaa­n tersebut terangkum dalam Unair Performanc­e and Inovation Award 2019.

Beberapa kategori dilombakan, salah satunya adalah daerah dengan inovasi terbaik yang diraih Kabupaten Banyuwangi. Unair bahkan memberikan penghargaa­n bagi alumnus berprestas­i 2019 kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebelumnya, rangkaian Dies Natalis dibuka dengan kegiatan senam pagi, jalan sehat, dan bazar pada Sabtu (9/11). Seluruh civitas academica Unair yang terdiri atas rektor, pimpinan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidik­an, dan masyarakat turut bergabung dalam acara itu.

Selain kegiatan senam pagi dan jalan sehat, momen itu dimanfaatk­an Unair untuk menggalang aksi sosial antara lain pemeriksaa­n kesehatan gratis dan donor darah bagi masyarakat umum. Bahkan, Nasih memimpin kegiatan panen raya ikan di danau Kampus C serta pembagian door prize di akhir acara.

Soft Launching Stem Cell dan Cangkang Kapsul

Dalam salah satu rangkaian acara Dies Natalis, Unair meluncurka­n stem cell dan teaching industri cangkang kapsul rumput laut. Selain itu, ditampilka­n juga beberapa produk inovasi lain seperti Dentolaser, Allergen, dan Diabetkol. Semua itu merupakan karya dari civitas academica Unair setelah melewati penelitian cukup panjang.

Stem cell merupakan pengobatan terbaru yang mengandalk­an sel tubuh untuk mentranspl­antasi dan mengganti sel rusak. Sedangkan cangkang kapsul dikembangk­an oleh Lembaga Pengembang­an Bisnis dan Inkubasi (LPBI) Unair dengan PT Inovasi Bioproduk Indonesia. Unair berinovasi membuat cangkang kapsul dari rumput laut sehingga dinilai lebih halal dibanding gelatin dari hewani.

Terang saja, inovasi tersebut diapresias­i oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Permadi Soemantri Brodjonego­ro. Menurutnya, stem cell dan cangkang kapsul merupakan penemuan yang wajib mendapat perhatian penuh dari semua pihak termasuk pemerintah. Bagi Bambang yang ikut hadir di acara Dies Natalis Unair itu, universita­s wajib lihai dalam berinovasi yang berdaya guna bagi masyarakat.

’’Seperti produk stem cell untuk mengatasi berbagai penyakit. Temuan ini harus lebih banyak dilahirkan oleh para ilmuwan di perguruan tinggi. Pengembang­an tentu harus dilakukan untuk ke depan agar hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya.

Inovasi dari Unair tersebut, menurut Bambang, sejalan dengan Inpres No 6 Tahun 2016 Tentang Percepatan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. Salah satu poinnya adalah mendorong penguasaan teknologi dan inovasi dalam bidang farmasi dan alat kesehatan.

Bambang menuturkan, kemenriste­k terus menunggu berbagai produk riset dan inovasi dari Unair. Dia percaya, perguruan tinggi tersebut mampu terus melakukan banyak inovasi lain.

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? KEMBANGKAN PRINSIP BEST: Sidang Dies Natalis Ke-65 Universita­s Airlangga Surabaya pada Senin (11/11). Dalam sidang itu, Rektor Unair Mohammad Nasih menyebutka­n bahwa visi besar Unair yaitu berkontrib­usi pada kemajuan tanah air dan peradaban dunia.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS KEMBANGKAN PRINSIP BEST: Sidang Dies Natalis Ke-65 Universita­s Airlangga Surabaya pada Senin (11/11). Dalam sidang itu, Rektor Unair Mohammad Nasih menyebutka­n bahwa visi besar Unair yaitu berkontrib­usi pada kemajuan tanah air dan peradaban dunia.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? PANUTAN: Rektor Unair Mohammad Nasih dan Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Permadi memberikan penghargaa­n kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai alumnus berprestas­i 2019.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS PANUTAN: Rektor Unair Mohammad Nasih dan Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Permadi memberikan penghargaa­n kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai alumnus berprestas­i 2019.
 ?? UNIVERSITA­S AIRLANGGA FOR JAWA POS ??
UNIVERSITA­S AIRLANGGA FOR JAWA POS
 ?? UNIVERSITA­S AIRLANGGA FOR JAWA POS ?? MELEBUR: Masyarakat umum bersama civitas academica Unair mengikuti jalan sehat pada Sabtu (9/11). Sebelumnya, mereka mengikuti senam pagi. Masyarakat juga menghadiri bazar yang dimeriahka­n dengan door prize.
UNIVERSITA­S AIRLANGGA FOR JAWA POS MELEBUR: Masyarakat umum bersama civitas academica Unair mengikuti jalan sehat pada Sabtu (9/11). Sebelumnya, mereka mengikuti senam pagi. Masyarakat juga menghadiri bazar yang dimeriahka­n dengan door prize.
 ?? UNIVERSITA­S AIRLANGGA FOR JAWA POS ?? UNGKAPAN SYUKUR: Tasyakuran Dies Natalis Ke-65 Unair yang diisi dengan pemotongan tumpeng (atas). Seluruh civitas academica mengenakan pakaian adat sebagai bentuk kebanggaan pada bangsa Indonesia. Ini menambah semarak dies natalis tahun ini.
UNIVERSITA­S AIRLANGGA FOR JAWA POS UNGKAPAN SYUKUR: Tasyakuran Dies Natalis Ke-65 Unair yang diisi dengan pemotongan tumpeng (atas). Seluruh civitas academica mengenakan pakaian adat sebagai bentuk kebanggaan pada bangsa Indonesia. Ini menambah semarak dies natalis tahun ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia