Jawa Pos

Pemborong Bangunan dan Mandor SDN Gentong Jadi Tersangka

- Pendaftara­n CPNS Pemprov Jawa Timur

SURABAYA, Jawa Pos – Polda Jatim menetapkan dua tersangka atas robohnya bangunan SDN Gentong, Kota Pasuruan, kemarin (11/11). Dua tersangka itu merupakan pemborong dan mandor dari pengerjaan renovasi SD pada 2012. Namun, pengerjaan itu tidak sesuai dengan bahan yang telah disepakati dalam rancangan anggaran belanja senilai Rp 252 juta tersebut.

Dua tersangka itu dikenai pasal 359 KUHP jo pasal 360 KUHP. Direskrimu­m Polda Jatim Kombespol Gideon Arif Setyawan menyatakan, dua tersangka itu adalah S (Setiadji) dan D ( Dedy). ’’Mereka bagian pelaksana dari proyek tersebut. Yang kami dalami ada unsur kelalaian yang mengakibat­kan korban meninggal dunia,’’ ungkap Gideon di halaman Ditreskrim­um Polda Jatim.

Gideon menyebut, kesalahan paling fatal adalah mengganti dan mengurangi bahan bangunan. Contohnya, pembanguna­n yang seharusnya memakai pasir Lumajang justru diganti dengan pasir biasa. Hal itu membuat daya tahan bahan yang digunakan semakin rendah.

Selain itu, ada penguranga­n materi bangunan seperti jumlah kolom (besi-besi yang menancap untuk menopang bangunan, Red). Dalam uji laboratori­um forensik Polda Jatim, penyidik mendapatka­n bukti yang ganjil. Yakni, banyaknya bahan yang meleset dari rancangan awal. ’’Besi yang tertancap pada setiap tiang seharusnya ada empat kolom. Tapi, ini dikurangi menjadi tiga,’ katanya.

Gideon menambahka­n, penguranga­n itu berpengaru­h pada beban gedung tersebut. Akibatnya, gedung yang direnovasi tidak bisa bertahan lama.

SURABAYA, Jawa Pos – Pendaftara­n calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka kemarin. Masyarakat mulai mengakses laman yang disiapkan pemerintah. Banyaknya pengangkes mengakibat­kan jaringan tersebut lemot pada jam-jam tertentu.

Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Jawa Timur Anom Surahno mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap perekrutan tersebut sangat besar. Itu dilihat dari aktivitas masyarakat membuka laman resmi perekrutan tersebut. ”Jaringanny­a menjadi padat,’’ ucapnya.

Laman yang dimaksud adalah https://sscasn.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id. Anom mengungkap­kan, pengunjung laman masih sebatas mengunduh

draf ketentuan dan persyarata­n. Mereka belum melakukan pendaftara­n. ”Apalagi, akses pendaftara­n masih lambat pada jamjam tertentu,’’ ucapnya.

Karena itu, dia menyaranka­n calon peserta menyiapkan semua berkas dalam satu file. Baik file scan maupun lainnya. Saat jaringan lancar, kata Anom, peserta bisa meng-upload semua file tersebut. ”Pada jam kerja sangat padat, lebih baik dikirim malam hari,’’ imbuhnya.

Anom berharap, masyarakat yang ingin mengikuti perekrutan

CPNS bisa menyiapkan diri semaksimal mungkin. Prosedur, alur, dan beberapa penjelasan lain ditampilka­n pada laman tersebut. ”Ikuti aturan yang sudah ditetapkan, jangan mencoba cara lain,’’ tegasnya.

Pernyataan senada diucapkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dia menegaskan bahwa perekrutan CPNS menggunaka­n sistem online. Proses seleksi dilaksanak­an secara profesiona­l. ”Jangan percaya dengan oknum yang memanfaatk­an keadaan,’’ tuturnya.

Memang, perekrutan CPNS selalu diwarnai perilaku oknum. Mereka mengaku bisa memasukkan menjadi PNS dengan mudah. Ada juga yang menjanjika­n peserta diterima dengan sejumlah imbalan. Pekan lalu, Khofifah sudah mengingatk­an masyarakat untuk tidak percaya dengan kabar tersebut. ”Sekali lagi, saya minta jangan ada yang tergiur dengan tawaran itu.”

Dia juga mengatakan pelaksanaa­n tes menggunaka­n sistem computer assisted test (CAT). Sistem tersebut sangat objektif.

Peserta bisa langsung mengetahui perolehan nilainya. ”Sistem ini meminimali­sasi praktik kecurangan,’’ katanya.

Semua serbatrans­paran. Pemerintah ingin mendapatka­n bibit ASN yang profesiona­l. Karena itu, Khofifah akan turut memantau semua proses yang berlangsun­g di daerah.

Pemerintah Provinsi Jatim berencana merekrut 1.817 pegawai. Dari jumlah tersebut, tenaga pendidik memiliki porsi paling besar.

Sebenarnya, Pemprov Jatim mengusulka­n kuota penerimaan sekitar 2 ribu orang. Hasilnya, pemerintah pusat hanya mengabulka­n 1.817 personel. Dari jumlah tersebut, tenaga pendidik memiliki porsi 1.133 orang.

Sesuai jadwal, November hingga Desember merupakan pendaftara­n dan verifikasi. Peserta yang lolos akan menjalani tes pada Februari 2020. Pengumuman kelulusan dilaksanak­an tahun depan.

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Wujudkan Pelayanan Kesehatan Gratis dan Berkualita­s

 ??  ?? DINAS KESEHATAN PROVINSI JATIM
DINAS KESEHATAN PROVINSI JATIM
 ?? DENNY MAHARDIKA/ JAWA POS ?? DIJERAT PASAL PIDANA: Dua orang penanggung jawab pembanguna­n SDN Gentong Kota Pasuruan yang ambruk beberapa waktu lalu ditahan di Mapolda Jatim kemarin.
DENNY MAHARDIKA/ JAWA POS DIJERAT PASAL PIDANA: Dua orang penanggung jawab pembanguna­n SDN Gentong Kota Pasuruan yang ambruk beberapa waktu lalu ditahan di Mapolda Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia