Jawa Pos

Giliran P3 Jadi Rebutan

-

SAO PAULO, Jawa Pos – Formula 1 2019 masih menyisakan dua balapan. Dan, persaingan di klasemen pembalap belum benar-benar berakhir. Setelah peringkat 1-2 di klasemen pembalap disegel duo pembalap Mercedes, pertarunga­n perebutan posisi ketiga (P3) masih terbuka lebar. Ada tiga kandidat yang masih berpeluang. Yakni, Charles Leclerc, Max Verstappen, dan Sebastian Vettel.

Akhir pekan ini (17/11) balapan singgah di Autodromo Jose Carlos Pace, Brasil. Leclerc punya kesempatan terbesar untuk mengamanka­n podium terakhir itu jika mampu meraup poin maksimal di Sao Paulo. Kini dia mengumpulk­an 249 poin. Unggul 14 poin atas Verstappen dan 19 angka atas rekan setimnya di Ferrari, Vettel.

Dengan tersisa dua seri, memburu 14 poin, apalagi 19 angka, rasanya sulit. Kecuali jika terjadi insiden yang membuat Leclerc gagal meraih poin. Padahal, sejauh ini, penampilan bocah Monako tersebut cukup konsisten. Dia telah mengemas 2 kemenangan, 9 podium, dan 7 pole position.

’’Aku ingin finis di posisi ketiga bukan karena ingin tampil di Gala (acara penyerahan penghargaa­n F1 pada akhir tahun). Aku suka Gala, tapi bukan untuk itu aku berjuang merebut posisi ketiga,’’ terangnya dilansir Race Fans. Dia juga mengklarif­ikasi bahwa perburuan tempat ketiga memiliki misi agar musim depan Ferrari menempatka­nnya sebagai pembalap utama ketimbang Vettel. ’’Ini murni tentang capaian pribadiku,’’ tegasnya.

Di sisi lain, Vettel mengakui kehilangan banyak peluang meraih poin ketika menghadapi masa-masa sulit pada awal musim. Pembalap Jerman itu memang bisa mendapatka­n podium ketiga pada race ketiga di GP Tiongkok. Tetapi, kemenangan pertamanya baru tercipta saat balapan ke-16 di Rusia. ’’Di titik itu, aku tidak menyerah, tetapi menyadarib­ahwaposisi­kutidakber­ada dalam level yang kuinginkan,’ kata Vettelseba­gaimanadik­utipMotors­port. Namun,trenpositi­fVettelsej­akmendapat­kanupgrade­aerodinami­kadi GP Singapura membuatnya lebih percayadir­i.Berturut-turutjuara­dunia empat kali F1 itu finis kedua di JepangdanM­eksiko.(nap/c17/cak)

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? KANDIDAT KUAT: Bintang Ferrari Charles Leclerc akan bersaing berebut posisi ketiga klasemen pembalap.
JUN QIAN/JAWA POS KANDIDAT KUAT: Bintang Ferrari Charles Leclerc akan bersaing berebut posisi ketiga klasemen pembalap.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia