Jawa Pos

Libatkan Banyak Kalangan agar Rasa Cinta Tanah Air Meluas

Parade Surabaya Juang merupakan reka adegan pertempura­n 10 November 1945. Tahun ini merupakan penyelengg­araan yang kesebelas. Situasinya dibuat sangat mirip dengan kejadian yang sesungguhn­ya. Heri Lentho berada di balik semua itu.

-

JUNEKA SUBAIHUL MUFID, Jawa Pos

WAJAH Heri Lentho terlihat masih lelah saat ditemui setelah Parade Surabaya Juang Sabtu (9/11). Ketika itu, dia sedang menunggu Ine Febriyanti dan Olivia Zallianty di lobi Hotel Majapahit.

Baju ala Bung Tomo saat peristiwa perang pada November 1945 belum dia lepas. Termasuk kopiahnya. Senyum merekah tersunggin­g di wajahnya. Satu ”peperangan” telah berhasil dilewati dengan penuh kemenangan.

”Luar biasa penampilan teman

teman. Seneng. Suasananya dapat,” ujar Heri. Sambil ngobrol, dia memesan teh hangat dengan madu dalam gelas terpisah. Sepertinya untuk mengembali­kan stamina setelah sepekan terakhir sibuk mempersiap­kan Parade Surabaya Juang yang diikuti tidak kurang dari 5.000 peserta.

Pria bernama asli Heri Prasetyo yang lahir di Malang, 13 Mei 1967, itu menjadi sutradara dalam drama kolosal Parade Surabaya Juang

J

Terutama untuk aksi peperangan di timur Tugu Pahlawan, perempatan dekat Siola, dan di depan Gedung Negara Grahadi. Bukan kali ini saja dia menjadi sutradara acara tersebut.

”Tantangann­ya saat ini adalah menjaga dan meningkatk­annya. Karena ini sudah yang kesebelas, ya harus konsisten dalam mentransfo­rmasikan nilai tersebut,” terang Heri.

Tema dan konsep Parade Surabaya Juang dibuat jauh-jauh hari. Menurut dia, parade tersebut menjadi semacam rangkaian dari acara-acara sebelumnya. Misalnya, Sekolah Kebangsaan yang memberikan semangat kepada anak-anak untuk cinta tanah air dan mengenang jasa-jasa para pejuang.

Tujuan utama rangkaian acara itu adalah mentransfo­rmasikan nilai-nilai perjuangan dan heroisme kepada para generasi penerus. Para veteran juga dilibatkan agar mereka berperan aktif menanamkan nilainilai tersebut. ”Caranya ya dengan melibatkan semua unsur masyarakat Surabaya. Anak-anak, pemuda, diajak semua untuk cinta tanah air dan bangsa ini,” jelas dia. Maka, semakin banyak orang yang terlibat, akan semakin luas pula penyebaran rasa nasionalis­me itu.

Dalam adegan peperangan misalnya, diupayakan hadir suasana perang. Salah satunya efek ledakan dengan suara yang benar-benar menggelega­r. Ternyata, suara itu bukan dari petasan biasa. Tapi, dari hand grenade simulator. Orang yang pertama mendengar bisa jadi kaget. Sejurus kemudian, pekikan merdeka,takbir,danserangb­eberapa kaliterden­gar.Letupanpet­asan,asap

flare,danorangya­ngdigotong­dengan wajah berlumuran luka semakin menambah kesan peperangan.

Di tengah percakapan tersebut, Ine dan Olivia masuk ke lobi. Mereka pun bergabung dalam obrolan siang itu. Ine sudah beberapa kali ikut serta dalam Parade Surabaya Juang. Olivia baru kali ini ikut serta. Mereka berdua membacakan puisi

Surabaya karya KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus.

Ine merasakan semangat yang menggelora saat membacakan puisi penuh makna tersebut. ”Puisi ini seperti ingin memberikan percikan semangat bukan hanya kepada orang, tapi juga tanah dan gedung pencakar langit ini rasanya ingin digugat oleh puisi ini,” kata Ine yang berperan sebagai Nyai Ontosoroh dalam film Bumi Manusia.

Begitupula­Oliviayang­tidakakan melupakan parade tersebut. Olivia harus pindah ke Siola untuk membacakan puisi berjudul Surabaya.

”Naikmotors­amaPakHeri.DariSiola ke Majapahit sebentar karena sakit perut.Lalu,keGrahadil­ihatKakIne. Lalu,naikmotork­eTamanBung­kul,” ujar Olivia, lantas tertawa.

Cerita siang itu berakhir saat hampir masuk waktu makan siang. Heri menandaska­n teh hangatnya. Dia pun mengajak tamunya tersebut untuk makan siang bersama. ”Mau nyari

rujak cingur dulu. Besok (10/11, Red) perjuangan lagi,” kata Heri. kan

 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? KOLABORASI: Dari kiri, Olivia Zallianty, Heri Lentho, dan Ine Febriyanti setelah ikut Parade Surabaya Juang.
JUNEKA/JAWA POS KOLABORASI: Dari kiri, Olivia Zallianty, Heri Lentho, dan Ine Febriyanti setelah ikut Parade Surabaya Juang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia