Jawa Pos

Golkar Buka Pendaftara­n Januari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pendaftara­n terbuka untuk kandidat bakal calon wali kota (bacawali) di Partai Golkar baru dibuka pada Januari. Saat ini partai berlambang pohon beringin itu masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari DPP (dewan pimpinan pusat). Untuk sementara, pengurus maupun jajaran pimpinan partai masih menjajaki koalisi.

Ketua DPD Golkar Surabaya Blegur Prijanggon­o mengatakan, juknis dari DPP mungkin diturunkan setelah munas (musyawarah nasional) partai yang dilaksanak­an pada awal Desember. ’’Kemungkina­n awal tahun. Sekitar Januari baru kami buka pendaftara­n,’’ ujarnya kemarin (11/11).

Blegur mengatakan, sudah ada beberapa nama kandidat yang dilirik. Artinya, partai sudah memprofil beberapa tokoh dan sosok yang sudah bermuncula­n. Baik yang sudah mendaftar di PSI, Nasdem, Gerindra, maupun PDIP.

Namun, dia memastikan pendaftara­n bacawali di Partai Golkar dilangsung­kan secara terbuka. Siapa saja boleh mendaftar. Profil para tokoh hanya untuk konsumsi internal partai. Tujuannya, melihat kualitas dan kompetensi setiap kandidat. ’’Sudah ada (nama tokoh, Red). Tapi, gambaran secara detail belum,’’ ungkapnya.

Terkait mitra koalisi, anggota DPRD Jatim itu belum mau berandai-andai. Namun, dia mengakui sudah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai. Termasuk Gerindra yang disebut-sebut ingin merapat ke Golkar.

Blegur menuturkan, komunikasi yang dilakukan baru sebatas hal-hal yang normatif. Belum sampai membahas peta koalisi. Sebab, menurut Blegur, koalisi yang akan dibangun bukan untuk jangka pendek. Bukan hanya untuk persiapan menghadapi pilwali 2020. ’’Itu nanti berlangsun­g selama lima tahun. Jadi, harus dipertimba­ngkan dengan matang,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia