Jawa Pos

Ribuan Mahasiswa ITS Gelar Renungan Suci

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebanyak 2.500 mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar renungan suci aksi 10 November di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Mayjen Sungkono kemarin malam (10/11). Selain doa bersama, mereka menggelar orasi dan tabur bunga.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperinga­ti Hari Pahlawan. ”Kami ingin tunjukkan bahwa kami yang muda ini masih ada, masih peduli, serta punya semangat dan kegigihan,” ujar Presiden BEM ITS 2019 M. Luthfi Hardiawan di TMP.

Dalam acara tersebut, tiap-tiap ketua himpunan mahasiswa fakultas berorasi. Mereka menyoroti masalah semangat, peran kepemudaan, dan tanggung jawab menata bangsa kini dan ke depannya. ”Orasi ini cara kami mengungkap­kan pikiran tentang persoalan bangsa, kepemudaan, harapan bangsa ke depannya,” ujar Luthfi.

Dia menjelaska­n, orasi bertujuan menggelora­kan semangat pahlawan dengan narasi. Semangat itu harus terwujud dan mendorong anak-anak muda untuk berkarya serta membanggak­an masyarakat dan bangsanya.

Puncak acara diisi dengan menyalakan puluhan obor sembari membacakan puisi dan berlanjut dengan tabur bunga. Menyalakan obor dianggap simbol hadirnya semangat pahlawan yang menerangi segala penjuru. ”Anak muda harus jadi pahlawan di mana pun mereka berada,” kata Luthfi.

Dia berharap renungan itu tidak hanya sebagai seremonial tahunan. Tapi juga menjadi jalan meneguhkan kembali nilai perjuangan para pahlawan. Menurut dia, jika pahlawan dulu berjuang melawan penjajah mengangkat senjata, pemuda hari ini berjuang dengan karya dan prestasi yang membanggak­an masyarakat dan bangsa.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? GELORAKAN SEMANGAT PAHLAWAN: Mahasiswa ITS mengikuti renungan dan tabur bunga untuk memperinga­ti Hari Pahlawan di TMP Jalan Mayjen Sungkono Minggu malam (10/11).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS GELORAKAN SEMANGAT PAHLAWAN: Mahasiswa ITS mengikuti renungan dan tabur bunga untuk memperinga­ti Hari Pahlawan di TMP Jalan Mayjen Sungkono Minggu malam (10/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia