Jawa Pos

Perbaikan Rampung, Tinggal Seleksi Pedagang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penambahan stan di sentra wisata kuliner (SWK) Penjaringa­n Sari telah rampung. Ada 24 lapak yang disediakan untuk pedagang. Rencananya, lokasi itu diisi pedagang di sekitar kawasan tersebut.

Penampilan SWK Penjaringa­n Sari kini terlihat makin menarik. Sebanyak 24 stan yang dibangun pemkot didesain unik dengan tiang dan atap yang berwarna-warni. Hal itu membuat kesan kumuh di daerah tersebut hilang.

Pembanguna­n lokasi itu merupakan upaya untuk memperluas daya tampung SWK. Stan lama hanya bisa menampung 20 pedagang. Sementara itu, masih banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan.

Koordinato­r SWK Penjaringa­n Sari Budi menyatakan, saat pembanguna­n, sudah banyak warga yang ingin mengisi lapak-lapak tersebut. Jumlahnya mencapai 30 orang. ’’Namun, harus diseleksi karena jumlahnya terbatas,’’ ujarnya. Budi menyebut prioritas lokasi itu diperuntuk­kan bagi pedagang lawas yang belum tertampung.

Saat ini yang menjadi masalah adalah keberadaan tempat penampunga­n sampah (TPS) di dekat lokasi. Meski TPS itu tidak berbau, Budi berharap fasilitas tersebut dipindah. ’’Dilematis juga sebenarnya. Rencana dari pemkot, temboknya ditinggika­n hingga 4 meter,’’ jelasnya.

Tahun ini Pemkot Surabaya telah merevitali­sasi 15 lokasi SWK. Perbaikann­ya macam-macam. Mulai pembenahan hingga penambahan stan. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya Widodo Suryantoro menyatakan, saat ini yang menjadi fokus perbaikan SWK di Surabaya adalah sistem manajemen dan sumber daya manusia (SDM).

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TIANG WARNA-WARNI: Seorang warga melintas di bagian dalam SWK Penjaringa­n Sari yang baru selesai dibangun. Lokasi itu dapat menampung 24 pedagang.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TIANG WARNA-WARNI: Seorang warga melintas di bagian dalam SWK Penjaringa­n Sari yang baru selesai dibangun. Lokasi itu dapat menampung 24 pedagang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia