Jawa Pos

Sinkronisa­si Lancar, Siswa Matangkan Materi

- Masih Proses Amdal, Pembanguna­n Mulai 2021

SURABAYA, Jawa Pos – Simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) gelombang II akan dilaksanak­an besok. Berbagai persiapan telah dilakukan sekolah. Salah satunya menuntaska­n proses sinkronisa­si data.

Misalnya, di SMPN 39 Surabaya kemarin (11/11) para proktor dan teknisi menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras) untuk kebutuhan pelaksanaa­n simulasi UNBK besok. Wakil Kepala SMPN 39 Bidang Kehumasan Muhammad Rizal menyatakan sudah siap menghadapi simulasi UNBK. Mulai kesiapan siswa, fasilitas sarpras, hingga server. ”Kesiapanny­a hampir 100 persen. Tinggal menuntaska­n sinkronisa­si,” katanya.

Rizal menuturkan, jadwal sinkronisa­si simulasi UNBK sudah keluar. SMPN 39 mendapatka­n jadwal sinkronisa­si pada pukul 16.00 kemarin. Dalam proses sinkronisa­si, tidak ada kendala berarti. Hanya sempat terjadi gagal login, tetapi bisa diatasi. ”Itu karena belum pembaruan. Setelah di-patching bisa,” ujarnya.

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot Surabaya menyiapkan pembanguna­n rumah sakit (RS) di Surabaya Timur. Lahannya sudah tersedia di Kelurahan Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar. Pengerjaan fisik di lahan seluas 1 hektare itu ditargetka­n dimulai pada 2021.

Penambahan RS di wilayah timur itu dilakukan seiring dengan perkembang­an kawasan yang pesat. Saat ini layanan kesehatan di kawasan tersebut masih dipenuhi puskesmas. Keberadaan rumah sakit milik pemerintah belum tersedia.

Saat ini ada dua rumah sakit umum daerah (RSUD) yang dikelola pemkot.

Lokasinya ada di Surabaya Barat dan Utara, yakni RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dan dr Soewandhi.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Kristian Maharhando­no mengatakan, pembanguna­n fasilitas kesehatan tersebut saat ini masih memasuki tahap penyiapan studi kelayakan. Salah satunya, analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) untuk menjamin tidak ada dampak buruk saat bangunan sudah beroperasi nanti. ’’Penyiapan itu sekarang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya,” katanya.

Soal kapan pengerjaan fisik dilakukan, Iman menyebut pembanguna­n dimulai dua tahun lagi. Tepatnya pada 2021.

Dananya bersifat multiyear. Karena itu, pada tahap awal saat ini belum ada detail engineerin­g design (DED) yang dibuat untuk RS tersebut.

Pembanguna­n itu akan dilaksanak­an dengan pola design and build. Perencanaa­n dan pembanguna­n dilakukan bersamaan. Menyesuaik­an besaran anggaran yang dikucurkan pada tahun itu. ’’Hal ini juga sama dengan saat pembanguna­n RSUD dr Soewandhi,” ujarnya.

Sementara itu, meskipun di dekat kawasan permukiman akan didirikan RS, sosialisas­i belum dilakukan pemkot. Hanya, informasi secara umum sudah didapat warga. ’’Secara teknis memang belum,” ujar Camat Gunung Anyar Anna Fajriatin.

Meski demikian, Anna memastikan bahwa warga menyambut baik pembanguna­n RS itu. Dia mengatakan, masyarakat senang ada fasilitas kesehatan yang lebih jangkauann­ya dekat.

Hal yang sama diungkapka­n beberapa warga di kawasan lokasi pembanguna­n. Salah satunya Suherman. Dia menganggap pembanguna­n RS itu bisa lebih mendekatka­n layanan kepada masyarakat. ’’Kalau mau rujukan kadang jauh harus ke (RS) Soewandhi dulu,” ujarnya.

Memang, jarak kawasan Gunung Anyar dengan RSUD terdekat cukup lumayan. Yakni, 17 kilometer. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu hampir satu jam dengan kendaraan roda dua. Tidak adanya angkutan kota yang menghubung­kan wilayah tersebut membuat rute ke sana pun semakin sulit.

 ?? JAWA POS PHOTO ?? DRAMA KOLOSAL: Para siswa SMA Giki 3 menampilka­n aksi teatrikal adegan pertempura­n 10 November di Jalan Klampis Jaya kemarin (11/11).
JAWA POS PHOTO DRAMA KOLOSAL: Para siswa SMA Giki 3 menampilka­n aksi teatrikal adegan pertempura­n 10 November di Jalan Klampis Jaya kemarin (11/11).
 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? TANPA KENDALA: Guru SMPN 39 Nurul Khumairoh memeriksa sinkronisa­si data simulasi UNBK gelombang II kemarin.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS TANPA KENDALA: Guru SMPN 39 Nurul Khumairoh memeriksa sinkronisa­si data simulasi UNBK gelombang II kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia