Jawa Pos

ITS Aplikasika­n Proyek Teknologi VR

-

SURABAYA, Jawa Pos – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurka­n Laboratori­um Virtual Reality (VR) saat dies natalis ke-59. Dalam pengembang­an pertama, teknologi VR diaplikasi­kan untuk empat proyek besar. Teknologi canggih tersebut kini jadi pendukung pembelajar­an maupun penelitian.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, era disrupsi dan industri 4.0 menuntut perguruan tinggi untuk terus melakukan terobosan baru di bidang pendidikan. Salah satunya menambahka­n unsur teknologi dalam pengajaran di kelas. Misalnya, penggunaan teknologi VR. ’’Alat VR akan memberikan pengalaman audio visual yang belum dirasakan sebelumnya,’’ katanya.

Saat ini total ada empat proyek VR yang dikembangk­an. Salah satunya ITS VR-MED yang merupakan aplikasi VR di bidang medis dan kesehatan. Aplikasi VR tersebut bisa menampilka­n anatomi tubuh manusia secara detail tanpa harus membedah mayat. ’’Bisa memudahkan pengajaran, digunakan untuk simulator pembiusan, perencanaa­n operasi, dan sebagainya,’’ katanya.

Selain itu, ada Power Plant VR yang membantu para insinyur muda dalam belajar memahami cara kerja turbin dan peralatan pembangkit energi listrik. Dengan alat tersebut, mereka bisa mengunjung­i pembangkit listrik, melihat peralatann­ya, dan mempelajar­i cara kerjanya secara VR. ’’Sehingga segala risikonya juga dapat

ITS VR-MED. Aplikasi VR di bidang medis dan kesehatan

Power Plant VR. Aplikasi VR yang digunakan untuk mempelajar­i pembangkit listrik.

VR Tour ITS Map. Aplikasi VR yang digunakan untuk mengenalka­n lingkungan kampus.

VR Eco Sky Cars. Aplikasi VR yang ditujukan untuk mempelajar­i anatomi mobil. Proyek dilakukan pada mobil listrik supercar

Lowo Ireng. diminimalk­an,’’ katanya. Power Plant VR juga bisa digunakan untuk mempelajar­i pembangkit listrik secara audio visual melalui teknologi gaming simulation.

Selain itu, ada VR Tour ITS Map. Aplikasi VR tersebut digunakan untuk mengajak tur di lingkungan kampus ITS secara lebih detail. Mulai gedung hingga informasi mengenai layanan-layanannya.

Ada pula VR Eco Sky Cars. Aplikasi VR itu ditujukan untuk mengetahui dan mempelajar­i anatomi mobil. Kali ini aplikasi tersebut diaplikasi­kan ke dalam mobil listrik supercar Lowo Ireng sebagai mobil ramah lingkungan.(ayu/gal/c15/ady)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia