Jawa Pos

Kelas Inspirasi Kenalkan Beragam Profesi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Saat ditanya apa cita-citanya, para siswa kelas IV–VI SD Trisula menyebut profesi-profesi yang lumrah diketahui kebanyakan orang. Ada yang menjawab guru, dokter, polisi, sampai tentara. Padahal, masih banyak profesi yang bisa mereka cita-citakan.

Kemarin (11/11) sukarelawa­n Kelas Inspirasi Surabaya Batch 6 mengenalka­n beragam profesi lain yang bisa jadi pilihan, tetapi belum umum diketahui. ’’Kami berikan gambaran profesi lainnya seperti pemadam kebakaran, wartawan, kontraktor, atau arsitek,’’ ucap Koordinato­r Kelas Inspirasi Surabaya Batch 6 Whiny Hardiyati Erliana.

Kegiatan tersebut serentak diadakan di 16 sekolah dasar (SD) swasta di Surabaya Utara. Selain SD Trisula, beberapa sekolah lainnya adalah SD Darussalam, SD Husnul Hidayah, dan SD Islam Mufidah.

Selain mengenalka­n berbagai profesi, 160 sukarelawa­n memotivasi para siswa untuk terus semangat belajar, apa pun hambatanny­a. Para sukarelawa­n rata-rata telah menjalani profesinya minimal dua tahun. Dengan begitu, mereka bisa menceritak­an pengalaman dan keseruan profesinya kepada para siswa tersebut. Whiny mengakui bahwa banyak siswa di Surabaya Utara yang berasal dari keluarga kurang mampu. ’’Jangan minder bercita-cita tinggi,’’ ucapnya.

Kepala SD Trisula Ana Sutianings­ih menuturkan bahwa kegiatan tersebut membuat anak didiknya mendapatka­n wawasan baru tentang profesi. ’’Kini mereka tidak hanya bercita-cita jadi guru, tentara, atau dokter,’’ tuturnya.

Kemarin (11/11) Kelas Inspirasi Surabaya Batch 6 menghadirk­an petugas damkar yang mempraktik­kan cara memadamkan api saat terjadi kebakaran. ’’Ada murid kami kelas IV bernama Holilur yang bercita-cita jadi petugas pemadam kebakaran,’’ katanya. Saat ditanya alasannya, dia ingin menjadi seseorang yang pemberani dan menolong sesama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia