Jawa Pos

Rp 26 Miliar untuk Underpass Joyoboyo

-

Berdasar rancangan desainnya, pintu terowongan dimulai dari samping utara gedung TIJ sampai tembus ke pintu sisi selatan KBS. ’’Itu (pintu selatan KBS) sekarang

sudah dibuka. Jadi, nanti langsung disambungk­an ke situ,’’ kata Irvan.

Irvan menyatakan, pembanguna­n jalur bawah tanah tersebut dibuat dengan sangat efektif. Fokus pembanguna­nnya adalah jalur bawah tanah. ’’Jadi, diupayakan tidak ada pembebasan lahan,’’ ucapnya.

Selain memerlukan anggaran yang lebih besar, pembebasan lahan yang berarti menggusur rumah penduduk kerap memunculka­n pro-kontra. Karena itu, Irvan memastikan tidak ada penggusura­n untuk membangun underpass. ’’Bisa itu, pasti bisa. Jadi, nanti langsung jalurnya ke pintu sisi selatan KBS,’’ jelasnya.

Bagaimana teknis pembanguna­n underpass tanpa menggusur rumah penduduk sekitar? Irvan tidak mau berandai-andai. Yang jelas, rancangann­ya sudah ada. Termasuk skema rekayasa lalu lintas yang disiapkan selama pembanguna­n berlangsun­g.

Namun, hal itu akan diumumkan setelah ada pemenang lelang awal tahun depan. Rancangan dari dishub bakal diserahkan ke pihak rekanan untuk ditelaah dan direalisas­ikan. ’’Nanti itu teknisnya kita bahas bersama rekanan setelah lelang,’’ ucapnya.

Di sisi lain, progres pembanguna­n

TIJ dinilai sudah sesuai target. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dishub Ridlo Noor Wahab memastikan proyek tersebut akan selesai tepat waktu. Kontraktor tinggal memasang instalasi listrik, air, dan beberapa persiapan lain. Misalnya, uji coba lift, kamera CCTV (closed circuit television), dan kelengkapa­n gedung lainnya.

Menurut Ridlo, tidak ada masalah dalam pembanguna­n fisik. Musim hujan yang diprediksi segera tiba dipastikan tidak mengganggu pekerjaan. ’’Karena konstruksi bangunan fisiknya sudah selesai. Tinggal yang kecilkecil saja. Insya Allah Desember sudah siap diresmikan,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia