Jawa Pos

Wajib Jaga Kebugaran agar Bisa Ikut Touring

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bergabung dengan komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) memberikan kesenangan baru bagi Hadi. Terlebih, setelah bergabung, pria yang bekerja di bidang konstruksi itu mendapat banyak teman baru. Tidak hanya memiliki hobi yang sama, Hadi juga merasa banyak manfaat lain yang didapat setelah tiga tahun mengikuti komunitas tersebut.

Karena memiliki anggota di seluruh Indonesia, komunitas itu membuat Hadi lebih mudah dalam bekerja. Jika proyeknya di luar Jawa, Hadi bisa meminta tolong anggota TLCI yang lain untuk menemaniny­a selagi berbisnis. ”Di Bali, Sumatera, Sulawesi, kan ada teman dari TLCI, bisa membantu kalau sedang ada klien di sana,” ujarnya kemarin (11/11).

Memiliki teman satu hobi pun mempermuda­h Hadi dalam merawat kendaraan kesayangan. Dia mengaku lebih mudah dalam mendapatka­n suku cadang atau melakukan perawatan untuk mobilnya. Apalagi, perawatan kendaraan tersebut tidak mudah dan tidak murah. ”Bahkan, kalau mau servis, bisa ke teman sendiri. Banyak di antara mereka yang menawarkan jasa perbaikan,” ujar pria kelahiran 1964 tersebut.

Mengikuti komunitas itu pun memaksa Hadi untuk tetap bugar. Setidaknya dua minggu sekali TLCI Surabaya pasti mengadakan touring meski hanya ke tempat yang dekat. Namun, dia tidak selalu ikut. ”Setidaknya satu bulan sekali pasti ikut,” ujar ayah lima anak tersebut.

Untuk mempererat silaturahm­i anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, TLCI melangsung­kan jambore dua tahun sekali. Tahun ini Jambore Ke-4 TLCI diadakan di Surabaya pada 9–10 November. ”Seperti tema kali ini, Seduluran Saklawase, kami ingin komunitas ini mendekatka­n anggota satu sama lain,” kata Ketua Pelaksana Jambore TLCI Edi Kapau.

Sama halnya dengan Hadi, Edi merasakan banyak manfaat dengan memiliki teman baru di komunitas tersebut. Tidak hanya berbagi hobi, teman di TLCI juga sering membantu kebutuhan lain. Bahkan, bukan hanya pengemar Land Cruiser di Indonesia, beberapa anggota TLC dari Malaysia dan Amerika pun hadir dalam jambore kali ini. ”Nanti kalau butuh spare part dari luar negeri kan lebih mudah,” ujarnya, lalu tertawa.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SEPERTI KELUARGA BESAR: Anggota TLCI dalam jambore yang berlangsun­g di Kenpark Minggu (10/11).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SEPERTI KELUARGA BESAR: Anggota TLCI dalam jambore yang berlangsun­g di Kenpark Minggu (10/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia