Jawa Pos

Hoax Tulisan Merek Lem di Kaus Presiden

-

BRAND lem Aica-Aibon belakangan ini menjadi buah bibir di Twitter.

Pemicunya adalah temuan dokumen KUA-PPAS tentang rencana pengadaan lem itu yang mencapai Rp 82,5 miliar di APBD DKI Jakarta. Di tangan penyebar hoax, isu tentang lem tersebut dibikin melebar ke mana-mana.

Contohnya, foto Presiden Jokowi yang dibuat seolah-olah mengenakan kaus kuning dengan tulisan, Cheap & Cheerful here’s the Aica Aibon. Jawa Pos menemukan foto itu diunggah pemilik akun Twitter Jeng Rini Garis Lurus (bit.ly/JokowiAibo­n). ’’Aica Aibon udah pasrah. punya merk dagang dieker-eker kesana kemari. Catet nihh. warna hits tahun 2020>>KUNING,’’ begitu narasi yang ditulis pada 11 November 2019.

Tentu sangat aneh jika seorang presiden menggunaka­n pakaian berbau endorsemen­t seperti yang biasa dilakukan selebgram ataupun YouTuber. Apalagi, brand tersebut sedang dikaitkait­kan dengan dugaan ketidakber­esan APBD DKI Jakarta. Maka, patut dicurigai bahwa foto itu hasil rekayasa.

Sangat mudah untuk menelusuri keaslian foto tersebut. Ketik saja kata kunci ’’Jokowi Baju Kuning’’ di mesin pencarian Google. Bisa juga dengan mengunduh foto dari Jeng Rini, kemudian diunggah di situs yandex. com/images/.

Hasilnya, versi asli foto itu banyak muncul di media mainstream. Kaus yang digunakan Presiden Jokowi berwarna kuning polos, tanpa motif atau tulisan apa pun. Presiden mengenakan kus tersebut saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istana Bogor.

Seperti yang diunggah JPNN.com (Jawa Pos Group), pertemuan itu berlangsun­g pada 24 Maret 2018. Jokowi menggunaka­n kaus dengan warna kuning, sesuai dengan warna khas Partai Golkar. ’’Ya, Pak Airlangga kan

ketua Golkar. Yang jelas, pagi ini saya joging dengan Pak Airlangga biar sehat,’’ kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan. Anda bisa membacanya di bit.ly/KausKuning.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengaku tidak mengetahui apa tujuan Jokowi menggunaka­n kaus kuning tersebut. Namun, yang jelas, politik itu penuh dengan kode-kode.

Foto Presiden Jokowi yang diunggah akun Twitter Jeng Rini itu sudah direkayasa. Versi aslinya, kaus yang dikenakan presiden berwarna kuning polos tanpa tulisan apa pun.

’’Saya sebagai kader Golkar tentu sangat senang Pak Jokowi pakai baju kuning. Politik kan sebetulnya penuh dengan simbol-simbol,’’ ujar Ace.

Namun, kata dia, semuanya diserahkan kepada ke publik untuk melakukan penilaian. Anda dapat membaca berita jawapos.com yang terbit pada 26 Maret 2018 tersebut di bit.ly/ SimbolPoli­tik.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia