Jawa Pos

King Fed Masih Bisa Lolos

Nadal Kalah di Laga Pertama

-

LONDON, Jawa Pos – Peluang Roger Federer lolos ke semifinal ATP Finals 2019 belum habis. King Fed, sebutannya, membayar lunas kekalahan oleh Dominic Thiem pada laga pertama. Tadi malam dia menang atas petenis Italia Matteo Berrettini. Federer yang menjadi petenis tertua di ATP Finals tahun ini menang straight set 7-6(2), 6-3 dalam waktu 1 jam 18 menit.

Federer mengaku tidak banyak memikirkan kekalahan dari Thiem. ’’Aku santai saja sih. Sebelum laga ini aku ada jeda satu hari. Kumanfaatk­an itu untuk bermain dengan anak-anak. Itu membantu sekali,’’ ungkap Federer di tepi court.

’’Setelah itu, barulah aku fokus mempersiap­kan diri. Tidak semua hal dari laga melawan Dominic itu jelek. Jadi, aku ambil yang positif saja. Persiapank­u cukup bagus, jadi kurasa itu kuncinya,’’ papar petenis Swiss tersebut. Besok Federer menjalani laga penentuan melawan Novak Djokovic.

Sementara itu, bayang-bayang kutukan di ATP Finals kembali menghantui Rafael Nadal. Dia mengawali perjalanan di Grup Andre Agassi dengan buruk dini hari kemarin (12/11). Datang sebagai unggulan pertama, Nadal kalah 2-6, 4-6 oleh sang juara bertahan Alexander Zverev. Padahal, dalam lima pertemuan sebelumnya, Nadal selalu menang. Nadal memang punya rekor buruk di ajang akhir tahun. Dari puluhan gelar yang dia peroleh sejak 2001, tak ada satu pun diraih dari ATP Finals (atau ATP World Tour Finals, nama sebelumnya). Dia malah lebih sering absen atau mundur karena cedera.

Namun, petenis 33 tahun itu menepis bahwa kekalahan terjadi akibat jiong alias nasib buruk. ’’Bukan dong. Bukan nasib buruk itu. Bukan itu masalahnya hari ini,’’ papar Nadal dikutip Express.

Kalau ada hal sial yang dia alami, itu adalah cedera perut. ’’Ya, itu sial. Sebab, ini bukanlah jenis cedera berat seperti lutut. Ini cedera yang bikin gerakanku tidak bagus. Ini tidak kurasakan sebelumnya,’’ papar Nadal.

Meski begitu,

Nadal tidak mau beralasan. ’’Aku kalah karena Alexander bermain bagus sekali. Servisnya hebat, sangat cepat.

Sulit dibaca,’’ pujinya.

Kemarin Nadal juga dibuat meledak oleh pertanyaan Ubaldo Scanagatta. Jurnalis Italia itu bertanya apakah mungkin performa Nadal turun gara-gara menikah dengan Maria Francisca Perello tiga pekan lalu. ’’Eh, kamu serius nih menanyakan ini? Ini serius atau bercanda,’’ kata Nadal sengit.

’’Aku terkejut ada yang menanyakan hal ini. Aku sudah bersama perempuan yang sama selama 15 tahun dan tidak ada yang berubah. Aku menjalani hidup yang stabil dan normal,’’ omel Nadal. game game point,

 ?? WILL OLIVER/EPA-EFE ?? NAHAS: Reaksi Rafael Nadal setelah kalah oleh Alexander Zverev di babak round robin ATP Finals 2019 di O2 Arena, London, dini hari kemarin.
WILL OLIVER/EPA-EFE NAHAS: Reaksi Rafael Nadal setelah kalah oleh Alexander Zverev di babak round robin ATP Finals 2019 di O2 Arena, London, dini hari kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia