Jawa Pos

Albon Kunci Seat di Red Bull Tahun Depan

-

SAO PAULO, Jawa Pos – Penampilan Alexander Albon musim ini sungguh mengilap. Apalagi sejak dipromosik­an dari Toro Rosso ke

Red Bull pada GP

Belgia (1/9). Konsistesi tersebut membuat manajemen Red Bull kesengsem. Mereka memastikan satu seat di Red Bull Albon musim depan. Team Pincipal Red Bull Christian Horner sulit menyangkal konsistens­i Albon sejauh ini.

’’Alex tampil begitu bagus sejak debut di Belgia. Hasilnya, dalam tujuh balapan, dia selalu finis di 6 besar,’’ papar Horner sebagaiman­a dikutip Crash. ’’Masih banyak potensi untuk dipecahkan. Dan, kami melihat ke depan Alex bersama Max (Verstappen) di 2020,’’ lanjut dia.

Albon tidak bisa menyembuny­ikan kegembiraa­nnya. Dia mengenang perjalanan­nya ketika kali pertama dipanggil Red Bull. ’’Tahun ini sungguh luar biasa buatku. Langkah besar terjadi ketika aku dipanggil Red Bull di tengah musim,’’ tuturnya.

’’Jadi, sekarang aku akan belajar dari musim lalu dan menggunaka­nnya untuk berkembang serta berjuang untuk selalu berada di barisan terdepan pada 2020,’’ papar pembalap

posisi finis poin kelahiran London, Inggris, tersebut.

Albon masuk F1 awal tahun ini di Toro Rosso. Sebagai rookie, dia mengumpulk­an 16 poin dari 12 balapan bersama. Tetapi, manajemen Red Bull melihat potensi besar dalam diri Albon. Apalagi, saat itu pembalap Red Bull Pierre Gasly tampil buruk.

Albon ditarik ke tim utama. Ketika mendapat mesin terbaik Red Bull, Albon langsung gas pol.

Dalam tujuh balapan terakhir, sebagaiman­a dikatakan Horner, dia konsisten finis di enam besar. Bahkan, sejak GP Belgia, dia meraih poin lebih besar ketimbang Verstappen.

Albon mendulang 68 poin dari tujuh seri, sedangkan Verstappen hanya 54 poin. Pemuda 23 tahun itu bahkan nyaris naik podium di GP Jepang. Namun, pada akhirnya dia finis keempat setelah Valtteri Bottas, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton.

Hingga kini, Albon menempati posisi keenam klasemen pembalap. Melihat konsistens­i dan performa menjanjika­n, Albon punya potensi menjadi pembalap pertama Asia yang memenangi balapan. Musim ini menyisakan GP Brasil dan Abu Dhabi. Kalaupun tidak bisa tahun ini, kesempatan terbuka lebar musim depan.

 ?? WILL OLIVER/EPA-EFE ?? POSISI AMAN: Alexander Albon.
WILL OLIVER/EPA-EFE POSISI AMAN: Alexander Albon.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia