Jawa Pos

Turut Pererat Relasi Indonesia-Belarus

- dari Minsk TATANG MAHARDIKA

MINSK, Jawa Pos – Meski terpisah jauh, Indonesia dan Belarus sebenarnya punya sejumlah kesamaan. Di antaranya, ekonomi yang dinamis, daya tarik wisata, dan kegemaran warganya pada olahraga. Berita di bidangbida­ng itu pula yang bakal jadi bagian dari kerja sama antara Jawa Pos dan Belarus Telegraph Agency (BelTA).

Kerja sama tersebut diteken Tatang Mahardika yang mewakili Jawa Pos dan Iryna Akulovich dari BelTA di kantor BelTA di Minsk, Belarusia, kemarin.

Hadir pula dalam penandatan­ganan itu Darmawan Utomo, konsul kehormatan Belarus untuk Jawa Timur, serta Cahya Sumaningsi­h, first secretary dari KBRI Moskow. Selain bertukar berita, foto, dan video, terbuka

kemungkina­n kedua pihak bekerja sama melakukan peliputan bersama.

’’Berita-berita pariwisata kami tentang hutan, sungai, dan danau mungkin bisa menarik untuk masyarakat Indonesia. Dan, dari Jawa Pos, kami bisa mendapat berita tentang destinasi wisata yang kami tidak punya. Misalnya, pantai,’’ ungkap Akulovich yang menjabat Dirjen BelTA.

Belarus yang merupakan pecahan Uni Soviet memang tak punya wilayah laut. Dan, saat ini arus wisatawan dari Rusia ke Indonesia, mengutip Cahya Sumaningsi­h, pertumbuha­nnya tertinggi di Eropa.

BelTA adalah kantor berita resmi Belarus yang berdiri sejak 1918. Tiap hari BelTA memproduks­i ratusan berita tentang berbagai bidang. Mereka juga punya jalinan kerja sama yang erat dengan, antara lain, kantor berita Tiongkok Xinhua dan kantor berita negara-negara bekas Uni Soviet.

’’Kami sangat antusias bekerja sama dengan Jawa Pos yang kami tahu punya jaringan luas di seluruh Indonesia,’’ katanya.

Sementara itu, Darmawan Utomo berharap kerja sama tersebut bisa membuka jalan menuju banyak kemungkina­n ke depan. ’’Indonesia dan Belarus bisa semakin dekat dan dari sana hubungan di sektor bisnis dan budaya, misalnya, bisa berkembang,’’ ujarnya.

 ?? JAWA POS PHOTO ?? ANTUSIAS BEKERJA SAMA: Diskusi kru BeITA dengan wartawan Jawa Pos (dua dari kanan) yang didampingi Darmawan Utomo dan Cahya Sumaningsi­h (kanan) di kantor BeITA di Minsk, Belarus, kemarin.
JAWA POS PHOTO ANTUSIAS BEKERJA SAMA: Diskusi kru BeITA dengan wartawan Jawa Pos (dua dari kanan) yang didampingi Darmawan Utomo dan Cahya Sumaningsi­h (kanan) di kantor BeITA di Minsk, Belarus, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia