Jawa Pos

Tekan Pelanggara­n Melalui Kawasan Tertib Lalu Lintas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kompetisi Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) kembali digelar Polda Jawa Timur. Survei lapangan KTL di Jalan Perak Barat dan Timur, Surabaya Utara, dilaksanak­an kemarin (12/11). Dalam survei tersebut, ada beberapa hal yang dinilai tim juri. Misalnya, rambu-rambu lalu lintas, kendaraan yang melintas, serta sistem pengaturan dan ketertiban pengendara di lokasi tersebut

”Selain itu, penataan wilayah di sini (Jalan Perak Barat dan Timur) kami nilai. Apakah ada pedagang yang berjualan di lokasi ini atau tidak,” kata AKP Endah, anggota tim juri kompetisi Polda Jawa Timur. Menurut dia, Jalan Perak Barat dan Timur yang masuk wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak dinilai cukup baik. Pedagang asongan tidak ditemukan di lokasi tersebut. Begitu juga kemacetan serta pelanggara­n lalu lintas. Semuanya tertib. Padahal, kendaraan di sana cukup banyak, besar-besar. Di antaranya, truk dan kontainer.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal memilih Jalan Perak Barat dan Timur sebagai kawasan tertib lalu lintas bukan tanpa alasan. Kondisi di dua jalan tersebut dinilai ideal.

Yakni, jumlah kendaraan tidak terlalu banyak dan kondisi jalan bagus meski kendaraan besar kerap melintas di lokasi tersebut. Ketatnya pengawasan oleh petugas membuat jumlah pelanggara­n bisa ditekan. Misalnya, pengendara menggunaka­n sabuk pengaman dan berjalan pada jalurnya. ”Jika lampu merah, kendaraan berhenti dengan sendirinya. Meski sekadar lampu peringatan orang menyeberan­g jalan, mereka (pengemudi, Red) menaati peraturan lalin dan mendahuluk­an pejalan kaki,” ujarnya.

Ayib menjelaska­n, sebelum ada KTL, jumlah pelanggara­n di lokasi tersebut cukup tinggi. Setiap hari ada 50 pelanggara­n. ”Setelah ditetapkan sebagai KTL, pelanggara­n ditekan cukup jauh. Berhasil turun 60 persen dari jumlah sebelumnya,” ucap dia.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENJURIAN: Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal (dua dari kanan) menjelaska­n kawasan tertib lalu lintas di Jalan Perak Barat dan Timur kepada tim penilai Polda Jatim kemarin (12/11).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENJURIAN: Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal (dua dari kanan) menjelaska­n kawasan tertib lalu lintas di Jalan Perak Barat dan Timur kepada tim penilai Polda Jatim kemarin (12/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia