Jawa Pos

Pemkot Bantu PMI Percepat Deteksi Darah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Upaya Komisi D DPRD Surabaya untuk mengusulka­n anggaran hibah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya akhirnya berhasil. Anggaran bantuan itu digunakan untuk pengadaan alat pendeteksi darah dari penyakit. Dengan begitu, pendistrib­usian darah bisa lebih efektif dan cepat.

Jumlah pendonor tetap di Surabaya cukup tinggi. Yakni, 450 ribu warga atau setara dengan 14 persen. Darah dari pendonor harus diberi reagensia untuk memastikan darah yang akan didonorkan aman. ”Reagensia itu dilakukan untuk menguji saring infeksi menular lewat transfusi darah terhadap virus hepatitis B, hepatitis C, HIV, dan sifilis,” kata Ketua UTDC PMI Surabaya dr Budi Arifah.

Ada juga nucleic acid test (NAT). Darah dari pendonor bisa saja mengandung infeksi penyakit. Dengan pengujian asam nukleat tersebut, infeksi itu bisa terdeteksi dengan cepat.

”Untuk reagensia NAT biayanya lebih besar lagi,” ujarnya.

Ketua Komisi D Khusnul Khotimah mengatakan bahwa alat tersebut sangat dibutuhkan. Sebab, semakin cepat dideteksi, makin cepat pula darah itu disalurkan ke pasien yang membutuhka­n.

Karena banyak pendonor rutin, alat tersebut sangat dibutuhkan.

Namun, menurut dia, anggaran di PMI terbatas. Karena itu, dibutuhkan suntikan dana dari pemkot agar darah tersebut bisa segera dimanfaatk­an. ”Kalau tesnya kelamaan, terus kebuang kan sayang,” ucapnya.

Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan dua alat tersebut Rp 19 miliar. Namun, pemkot tidak menanggung seluruh biaya tersebut. Pengadaann­ya dilakukan secara patungan.

Politikus PDIP itu mengungkap­kan bahwa pemkot sangat bisa menghibahk­an anggaran untuk PMI. Sebab, dalam UU Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangme­rahan, dijabarkan bahwa penyelengg­ara kepalangme­rahan bukan hanya PMI, melainkan juga pemerintah pusat maupun daerah.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? ANGGARAN DISETUJUI: Petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Surabaya melayani seorang pendonor.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ANGGARAN DISETUJUI: Petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Surabaya melayani seorang pendonor.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia