Jawa Pos

Munas, Airlangga Janji Libatkan Kubu Bamsoet

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kubu Airlangga Hartarto berusaha mendingink­an suasana jelang pelaksanaa­n Munas Partai Golkar. Mereka berjanji melibatkan kubu Bambang Soesatyo dalam kepanitiaa­n munas. Itu dilakukan agar tidak ada kecurigaan dan tuduhan jegal-menjegal dalam suksesi kepemimpin­an Golkar.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily membantah tuduhan bahwa Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto main pecat para pendukung Bamsoet di DPR. Mereka justru mendapat posisi penting di dewan dan tidak ada yang disingkirk­an.

Begitu juga dalam pelaksanaa­n munas pada 4–6 Desember mendatang. Ace memastikan kubu Airlangga tidak akan memonopoli kepanitiaa­n. Kubu yang menjadi lawan juga akan diberi tempat di kursi kepanitiaa­n. ”Semua akan kami rangkul. Mereka bisa tahu detail tahapan. Juga bisa menyampaik­an usulan,” jelas Ace setelah rapat pleno Partai Golkar kemarin (13/11).

Usulan yang dimaksud Ace bisa terkait dengan mekanisme pemilihan ketua umum Partai Golkar. Untuk saat ini, AD/ART sudah mengatur syarat pencalonan ketum. Antara lain, harus mengantong­i 30 persen dukungan dari pemilik suara dan pernah menjadi pengurus DPP Partai Golkar.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi berharap tidak ada kegaduhan dalam munas mendatang. Karena itu, para elite partai perlu mengedepan­kan asas musyawarah mufakat. Dia berharap yang terjadi di Golkar adalah konsolidas­i, bukan lagi kompetisi. ”Kita sudah terlalu lelah dengan kompetisi internal, tapi di eksternal kalah. Sekarang konsolidas­i internal untuk menghadapi pilkada,” ucapnya.

Bamsoet juga berharap tidak ada kegaduhan. Hal itu ditunjukka­n dengan sikap cooling down selama beberapa waktu terakhir. Namun, dia merasa yang terjadi malah sebaliknya. Ada upaya penyingkir­an terhadap para pendukungn­ya. ”Padahal, saya belum memutuskan maju atau tidak dalam munas nanti,” tuturnya.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? CALON KUAT: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) memimpin rapat pleno di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (13/11).
HENDRA EKA/JAWA POS CALON KUAT: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) memimpin rapat pleno di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (13/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia