Jawa Pos

Tahun Depan Tetap Andalkan Perumahan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ramalan bisnis yang lebih gemilang membuat pengembang properti bersemanga­t menyambut 2020. Sinarmas Land pun demikian. Tahun depan mereka fokus menggenjot kinerja sektor housing alias perumahan. Mereka mulai ancang-ancang dari sekarang.

Managing Director President Office Sinarmas Land Dony Rahajoe mengatakan bahwa housing masih menyumbang­kan pendapatan terbesar bagi perusahaan. Kontribusi­nya mencapai 70 persen. ’’Selain housing, kami ada bisnis ritel dan hospitalit­y. Tapi, tetap perumahan yang akan jadi fokus kami tahun 2020,’’ ujarnya dalam forum media networking di Surabaya kemarin (13/11).

Dony mengatakan bahwa prioritas perusahaan adalah pasar rumah dengan harga sekitar Rp 1 miliar. Pasar Sinarmas Land pada segmen itu, menurut dia, merupakan yang terbesar. ’’Nanti di semua lokasi proyek kami fokuskan menggenjot sales housing Rp 1 miliar. Termasuk di Surabaya melalui Klaska Residence,’’ tuturnya.

Selama ini penopang utama kinerja Sinarmas Land adalah proyek BSD City di Tangerang. Soal pasar Surabaya, Dony mengakui bahwa potensi Kota Pahlawan meningkat setelah pemerintah memastikan lokasi ibu kota baru ada di Kalimantan. Tepatnya di kawasan Kutai Kartanegar­a dan Penajam Paser Utara. Sebab, ibu kota baru itu lebih dekat dengan Surabaya ketimbang Jakarta.

’’Apabila ibu kota nanti sudah pindah, Surabaya bisa jadi compliment yang dapat men-support ekosistemn­ya. Surabaya berpeluang besar menjadi venue kegiatan-kegiatan pemerintah­an. Itu juga akan membuat properti bergairah,’’ jelas Dony.

Di sisi lain, Sinarmas Land juga akan mengoptima­lkan proyek housing di Batam untuk konsumen asing. Sebab, pemerintah sudah melonggark­an aturan kepemilika­n properti bagi orang asing. Aturan itu menuai respons positif dari konsumen asing. Saat ini perusahaan punya beberapa pembeli dari Malaysia, Singapura, dan Tiongkok.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? itu masih jauh lebih sedikit daripada aset perbankan konvension­al yang mencapai Rp 8.068 triliun pada periode yang sama.
Ketimpanga­n tersebut membuat Ma’ruf merasa perlu segera membenahi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Mereformas­i KNKS, menurut dia, merupakan salah satu upayanya. ’’Presiden dan saya akan memimpin langsung upaya pengembang­an ekonomi dan keuangan syariah,’’ tegasnya. Artinya, pemerintah juga akan merevisi Perpres 91/2016 yang menjadi landasan lahirnya KNKS.
Nanti lingkup kerja KNKS diperluas. Tidak hanya mencakup keuangan syariah, tetapi juga lingkup ekonominya. Struktur kelembagaa­n KNKS juga diubah. Presiden akan menjadi ketuanya dan Wapres sebagai ketua hariannya.
Ma’ruf bakal menitikber­atkan pengembang­an ekonomi dan keuangan syariah pada empat hal. Salah satunya memperluas cakupan produk halal. ’’Kita jangan hanya menjadi negara tukang memberikan sertifikat halal,’’ ucapnya.
HADIR DI TIMUR: Dony Rahajoe (dua dari kiri) menunjukka­n lokasi proyek-proyek Sinarmas Land di kawasan Indonesia Timur.
FRIZAL/JAWA POS itu masih jauh lebih sedikit daripada aset perbankan konvension­al yang mencapai Rp 8.068 triliun pada periode yang sama. Ketimpanga­n tersebut membuat Ma’ruf merasa perlu segera membenahi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Mereformas­i KNKS, menurut dia, merupakan salah satu upayanya. ’’Presiden dan saya akan memimpin langsung upaya pengembang­an ekonomi dan keuangan syariah,’’ tegasnya. Artinya, pemerintah juga akan merevisi Perpres 91/2016 yang menjadi landasan lahirnya KNKS. Nanti lingkup kerja KNKS diperluas. Tidak hanya mencakup keuangan syariah, tetapi juga lingkup ekonominya. Struktur kelembagaa­n KNKS juga diubah. Presiden akan menjadi ketuanya dan Wapres sebagai ketua hariannya. Ma’ruf bakal menitikber­atkan pengembang­an ekonomi dan keuangan syariah pada empat hal. Salah satunya memperluas cakupan produk halal. ’’Kita jangan hanya menjadi negara tukang memberikan sertifikat halal,’’ ucapnya. HADIR DI TIMUR: Dony Rahajoe (dua dari kiri) menunjukka­n lokasi proyek-proyek Sinarmas Land di kawasan Indonesia Timur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia