Jawa Pos

Pakai Storage yang Ringkas

Mengakali Luasan Sempit pada Apartemen Apartemen tipe studio dan 2 kamar memiliki luas kurang dari 50 m2. Meski demikian, hunian tersebut tetap bisa dibuat senyaman rumah lewat penataan perabot dan ruang yang cermat.

-

TINGGAL di apartemen kini menjadi pilihan banyak kaum urban. Lokasi yang strategis, aman, serta dekat dengan fasilitas umum menjadi pertimbang­an utama. Namun, karena luasnya yang terbatas, penataanny­a harus direncanak­an secara detail. ’’Ruangan yang ada harus benarbenar dimanfaatk­an untuk mengakomod­asi kebutuhan pemilik,’’ kata desainer interior Budi Raharjo.

Dalam rancangann­ya di Apartemen Taman Melati, Surabaya, dia mengakali ruangan sempit dengan storage yang ringkas. Di kamar, Budi memilih penggunaan lemari customized yang punya dimensi ramping. Meski mungil, menurut dia, daya simpannya cukup besar. Sebab, ia juga dilengkapi laci di bagian bawah.

’’Sebisa mungkin pilih lemari atau kabinet yang tidak terlalu menonjol atau punya detail terlalu banyak di bagian muka karena makan ruang,’’ terangnya.

Desainer yang tergabung di MGM Interior itu juga mengakali ruangan sempit dengan penggunaan warna netral yang terang. ’’Ada kesan ilusi yang luas. Selain itu, mudah dipadupada­nkan dengan hampir semua warna,’’ lanjutnya.

Pilihan warna itu juga dipadukan dengan tekstur dan motif yang beragam. Untuk mencocokka­n dengan daun pintu yang dilapisi vinyl bercorak kulit kayu, Budi menampilka­n pola kayu dengan warna hangat yang lebih gelap di living room. Di bagian kamar tidur, desainer interior yang menyukai kriya kayu itu memilih pelapis marmer dengan finishing glossy.

Untuk mendukung kesan luas, Budi juga memaksimal­kan jendela. Nyaris setiap ruangan, termasuk kamar tidur, mendapat jendela. Project Director Apartemen Achmad Syaiful Bahri menjelaska­n, pemakaian kaca dipertimba­ngkan sejak awal. Termasuk pemasangan pintu geser yang mengarah ke balkon mungil sekaligus tempat pembuangan air conditione­r.

Syaiful –sapaan Achmad Syaiful Bahri– menerangka­n, kaca dibuat cukup tebal dan dilapis coating

khusus. Kusennya pun dipilih berbahan aluminium dengan sistem penguncian kedap suara. ’’Meski kesannya banyak bukaan, suhu dalam ruang tidak akan panas. Selain itu, suara dari luar, termasuk buangan AC, juga nggak sampai masuk,’’ ungkapnya. Langit-langit juga tinggi, sekitar 2,8 m.

’’Kelebihann­ya, atap nggak langsung plafon sehingga di ruangan masih dipasang pencahayaa­n downlight,’’

papar Syaiful.

Budi menambahka­n, pencahayaa­n mengandalk­an white light untuk ruang utama. ’’Di beberapa titik ditambah spotlight

dengan warna yang lebih warm

atau kuning,’’ ungkapnya. Dengan begitu, ruangan terasa lapang sekaligus homey.

 ??  ?? BEDA PENEMPATAN: Untuk tipe dua kamar, fasilitas dapur dibuat full size di sudut rumah. Sementara di tipe studio (foto bawah), dapur didesain mirip pantry yang letaknya di samping bed.
BEDA PENEMPATAN: Untuk tipe dua kamar, fasilitas dapur dibuat full size di sudut rumah. Sementara di tipe studio (foto bawah), dapur didesain mirip pantry yang letaknya di samping bed.
 ?? FOTO-FOTO: ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
FOTO-FOTO: ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ??  ?? KAMAR STUDIO: Meski luas unit studio kurang dari 30 m2, ruang tetap terasa nyaman dengan akses jendela lebar.
KAMAR STUDIO: Meski luas unit studio kurang dari 30 m2, ruang tetap terasa nyaman dengan akses jendela lebar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia