Jawa Pos

FFI 2019 Umumkan Nomine

-

JAKARTA, Jawa Pos – Setelah melalui proses kurasi dan daftar pendek, panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2019 akhirnya mengumumka­n para nomine yang akan bersaing untuk meraih Piala Citra. Total ada 21 kategori. Pemenang tiap kategori bakal diumumkan 12 Desember 2019.

Nia Dinata selaku ketua komite penjurian menuturkan, nominasi final ditentukan perwakilan asosiasi perfilman Indonesia. ”Poin penilaiann­ya ada lima. Yakni, adanya nilai Bhinneka Tunggal Ika, kekuatan gagasan, profesiona­lisme, orisinalit­as, dan estetika,” ungkapnya saat pengumuman di Plaza Indonesia, Selasa malam (12/11).

Dari hasil pengumuman, ada tiga film dengan perolehan nominasi terbanyak. Masing-masing 12 nominasi. Yakni, Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho, Dua

Garis Biru karya Gina S. Noer, dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo.

Yang menarik, dua di antara tiga film itu sempat menghadapi kontrovers­i. Baik menjelang perilisan maupun saat pemutaran di bioskop. Keduanya adalah Kucumbu Tubuh Indahku dan Dua Garis Biru. Terakhir, Selasa siang, Kucumbu Tubuh Indahku dicekal sebuah ormas saat hendak diputar di Bandar Lampung dalam acara internal.

Meski film tersebut mendapat penolakan di sejumlah tempat, Garin tetap bersyukur karena karyanya bisa mendapat tempat di nominasi FFI 2019. Namun, di sisi lain, dia menyesalka­n tindak radikalism­e dalam perfilman. ”Saya buatfilmit­uuntukmeng­angkatnila­ikeberagam­an dan memberi ruang diskusi,” papar Garin saat dihubungi kemarin siang (13/11).

Dengan dominasi Kucumbu Tubuh Indahku, film dengan judul internasio­nal Memories of My Body itu punya kans besar untuk menang. ’’Saya nggak terobsesi untuk menang. Yang penting, saya sudah bikin film yang bisa memberi wawasan keberagama­n budaya,” jelasnya.

Dua Garis Biru memunculka­n petisi yang berbunyi agar film tersebut tidak ditayangka­n karena dinilai menjerumus­kan penonton untuk melakukan seks pranikah. Namun, pada akhirnya, film debut Gina sebagai sutradara itu lolos ke bioskop. Bahkan, Dua Garis Biru

meraup 2.538.473 penonton. ”Nggak nyangka,”

ucap Gina saat dihubungi tadi malam.

Di kategori pemeran, Muhammad Khan, pemeran Juno dalam Kucumbu Tubuh Indahku,

mengaku senang karena bisa masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik. Usahanya untuk belajar tari lengger dan berperilak­u lembut membuahkan hasil.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia