Jawa Pos

KLASTER MIMIKA LEBIH SIAP

Selain di Jayapura, PON 2020 diadakan di Kabupaten Mimika dan Merauke. Di dua daerah tersebut, sebagian venue merupakan bangunan baru. Hingga minggu pertama November 2019, venue di Mimika-lah yang terlihat lebih siap.

-

ADA sembilan cabang stadion atletik, olahraga yang digelar di misalnya, dikonsulta­sikan klaster Mimika. Caborcabor secara intensif kepada Ketua itu adalah atletik, Umum PB PASI Bob Hasan. aerosport (terbang layang, Lintasan atletik sintetis didatangka­n terjun payung, dan aeromodeli­ng), langsung dari basket, futsal, Jerman. Rumput lapangan biliar, panjat tebing, bola tangan, juga berasal dari Swiss. tarung drajat, dan judo. Sehari-hari stadion atletik Di antara sembilan cabor itu ’’dijaga’’ Yulis Uwe, pelatih itu, enam cabor akan atletik yang juga menggunaka­n venue baru. peraih emas dasalomba

Atletik dan basket akan TOMY C. GUTOMO tiga kali SEA Games. dipusatkan di Mimika RIANA SETIAWAN ’’Kami beruntung sekali Sports Complex (MSC). dari Papua Mimika memiliki fasilitas atletik Itu adalah bangunan baru dengan standar internasio­nal. yang didirikan PT Freeport Indonesia Ini akan mendorong prestasi khusus dipersemba­hkan untuk PON. atlet Papua,’’ ujar Yulius. Kompleks olahraga seluas 12,5 hektare Di MSC juga terdapat stadion indoor itu dibangun sejak 2013 dan selesai 2016. yang akan dipakai untuk cabor basket. Biayanya mencapai Rp 350 miliar. Saat Sebenarnya gedung itu dirancang untuk ini fasilitas tersebut masih dikelola Freeport. berbagai cabor. Selain basket, gedung ’’Dalam waktu dekat diserahter­imakan tersebut bisa dipakai untuk bulu kepada Pemkab Mimika,’’ kata tangkis dan voli indoor. Fasilitas di gedung Mallik A. Lukito, external affairs MSC, itu juga lengkap. Ring basket, kepada Jawa Pos 2 November lalu. misalnya, didatangka­n dari Malaysia

Pihak Freeport memang sangat serius sesuai dengan standar FIBA. membangun fasilitas tersebut. Pembanguna­n Satu fasilitas lagi di MSC adalah asrama atlet. Ada tiga bangunan yang mirip honai, rumah adat Papua yang dipakai untuk asrama. Bangunan itu terdiri atas asrama putra, asrama putri, dan asrama penunjang. Semua kamar dilengkapi dengan pendingin udara (AC). ’’Tim atletik dan basket segera menjalani training center di sini,’’ kata Sekretaris KONI Mimika Cessar Avianto Tunya. ’’Saat raker lalu, Mimika diyatakan paling siap,’’ ujarnya.

Gedung baru juga dibangun untuk cabor futsal dan bola tangan. Pembanguna­nnya hampir 90 persen. Waluyo yang mewakili pelaksana proyek optimistis bangunan rampung 100 persen akhir tahun ini. ’’Tinggal memasang pagar pengaman untuk penonton,’’ kata Waluyo.

Untuk GOR biliar dan panjat tebing, hingga pekan lalu baru dilakukan peletakan baru petama. Saat ini fondasi telah dibuat. Cabor yang lain menggunaka­n GOR yang direnovasi.

Untuk klaster Merauke, akan dipertandi­ngkan enam cabang olahraga, yakni sepak bola putri, pencak silat, bermotor, kempo, wushu, dan anggar. Perhatian besar diberikan di dua venue, yakni Stadion Katapal dan sirkuit bermotor. Stadion Katapal akan digunakan untuk pertanding­an sepak bola putri. Saat ini masih dilakukan penanaman rumput, pembanguna­n tribun, dan pembanguna­n lintasan lari.

Sementara itu, lokasi venue bermotor 20 km dari Kota Merauke dan baru masuk tahap pembukaan lahan. Awalnya, kawasan itu adalah hutan pinus. Sirkuit tersebut dibangun di atas lahan seluas 26 hektare di Distrik Tanah Miring. ’’Tiga bulan pembanguna­n harus selesai. Sekarang bisa dimulai (pengerjaan). Sudah tidak ada masalah dengan pemilik lahan,’’ kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadisorda)

DESAIN ASRAMA: HONAI (RUMAH ADAT PAPUA)

Ir Baskoro Tedjo MSEB, PhD (ITB) Merauke Selestinus A. Kahol.

Mimika dan Merauke juga tengah mengebut pembanguna­n jalan. Terutama akses ke venue. Jalanan Timika, ibu kota Mimika, yang semula hanya satu lajur dilebarkan hingga tiga lajur. Begitu juga jalan ke Distrik Tanah Miring, Merauke.

Soal venue-venue yang masih dalam proses pembanguna­n, Sekretaris KONI Merauke Antonio Liberto menyatakan optimistis semua venue selesai. Kalaupun ada yang molor dari target, pasti akan selesai sebelum pelaksanaa­n PON. ‘’PON ini merupakan harga diri orang Papua. Apa pun yang terjadi, semua venue harus selesai dan bisa digunakan. Percayalah banyak tukang sulap di sini,’’ katanya.

ASRAMA PUTRA DAN PUTRI

675 x 2 m2 (2 lantai) 28

2

Musala

• Laundry

• Gudang dan ruang

panel amphitheat­er

ASRAMA PENUNJANG

675 m2

Ruang makan, fitnes center, lobi (ruang tamu), ruang pertemuan, ruang pengelola, loker dan ruang ganti pakaian, dapur.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? Luas: Ukuran lapangan rumput:
Trek lari: Serifikasi: Fasilitas:
Luas tribun barat:
Kapasitas penonton:
Luas tribun timur:
Kapasitas penonton:
MEGAH: Mimika Sports Complex memiliki tiga bagian, yakni stadion atletik, stadion indoor, dan asrama.
Luas:
Kamar atlet: Ruang pelatih:
Kamar mandi:
Luas: Fasilitas:
Luas: 5.530 m2
Kapasitas penonton: 5.500 (76 kursi VIP)
Fasilitas: Ruang VIP, ruang P3K, ruang tiket, lobi, musala, retail shop, loker laki-laki dan perempuan, toilet umum, toilet difabel.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS Luas: Ukuran lapangan rumput: Trek lari: Serifikasi: Fasilitas: Luas tribun barat: Kapasitas penonton: Luas tribun timur: Kapasitas penonton: MEGAH: Mimika Sports Complex memiliki tiga bagian, yakni stadion atletik, stadion indoor, dan asrama. Luas: Kamar atlet: Ruang pelatih: Kamar mandi: Luas: Fasilitas: Luas: 5.530 m2 Kapasitas penonton: 5.500 (76 kursi VIP) Fasilitas: Ruang VIP, ruang P3K, ruang tiket, lobi, musala, retail shop, loker laki-laki dan perempuan, toilet umum, toilet difabel.
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ??
RIANA SETIAWAN/JAWA POS
 ??  ?? Arsitek:
Arsitek:
 ??  ?? LAPORAN
LAPORAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia