Jawa Pos

Beli Klub, Ikuti Beckham-Drogba

-

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

1. Inggris 2. Rep Ceko 3. Kosovo 6 6 6 4. Montenegro 7 5 4 3 0 0 0 2 3 1 2 1 4

5. Bulgaria 7 0 3 4 Catatan: Head-to-head gol tandang (Montenegro 1, Bulgaria 1) 26-6 11-9 12-10 3-15 5-17 15 12 11 3* 3*

DAVID Villa membuat jejak anyar setelah mengumumka­n pensiun pada Januari 2020 mendatang di klub Jepang Vissel Kobe. Bersama Jonathan Krane, pebisnis asal New York, Villa bakal membangun tim di kompetisi level kedua sepak bola Amerika Serikat atau United Soccer League (USL).

Nama klub yang mulai dijalankan pada 2021 itu adalah Queensboro FC dan markasnya di New York. Rencananya, untuk musim inagurasin­ya di USL Championsh­ip, Queensboro berkandang di Citi Field, Queens, yang notabene kandang klub bisbol kondang, New York Mets.

”Saya empat tahun tinggal di New York, dan area Queens ini sangat spesial. Saya mencintai budaya, kuliner, dan betapa bergairahn­ya orang-orang memainkan sepak bola,’’ kata Villa, seperti dikutip Sportsprom­edia kemarin (13/11).

Dengan adanya klub sepak bola di Queens, Villa yakin geliat sepak bola di kawasan tersebut kian bergairah. Villa menggarisb­awahi, pendirian akademi dan sepak bola kelompok umur adalah target terdekat untuk membangun Queensboro FC.

Mendirikan klub sepak bola selepas gantung sepatu pun membuat Villa sejajar dengan David Beckham dan Didier Drogba. Beckham bersama konsorsium mempunyai Inter Miami FC. Sementara itu, Drogba memiliki Phoenix Racing FC. Jika Inter Miami bermain di MLS atau kompetisi level teratas di Amerika Serikat, Phoenix Racing sama seperti Queensboro atau di USL.

KLASEMEN SEMENTARA GRUP B

1. Ukraina (lolos) 2. Portugal 3. Serbia 4. Luksemburg 5. Lithuania 7 6 6 7 6 3 3 1 0

GARETH SOUTHGATE 3 1 2 1 1 1 8 0 2 4 6 4 10 15-2 14-6 12-13 5-11 5-19 7 433 9 19 11 10 1 11

LONDON, Jawa Pos

– Inggris selangkah lagi bisa menyusul Belgia, Italia, Rusia, Polandia, Ukraina, dan Spanyol untuk lolos ke putaran final Euro 2020. Syaratnya relatif gampang. Asalkan tidak kalah oleh Montenegro di Stadion Wembley dini hari nanti (siaran langsung Mola Matrix/Mola Polytron Smart TV/Mola Polytron Streaming pukul 02.45 WIB),

The Three Lions akan hadir di Euro untuk kali kesepuluh.

Syarat lainnya, kondisi internal yang terusik oleh pertikaian wide attacker Raheem Sterling (Manchester City) dan bek tengah Joe Gomez (Liverpool) tidak berdampak. Dalam insiden yang terjadi di kantin St George’s Park pada Selasa pagi waktu setempat tersebut (12/11), Sterling berusaha memiting Gomez. Sterling masih terbawa emosi setelah City kalah 1-3 oleh Liverpool di Anfield dalam matchweek ke-12 Premier League sehari sebelumnya.

Dalam pre-match press conference kemarin (13/11). pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menolak untuk menjelaska­n detail pertikaian Sterling dan Gomez. Termasuk hukuman kepada Sterling de

4231 ngan memarkirny­a saat melawan Montenegro. ”Saya bekerja sama dengan skuad yang rata-rata usianya masih muda dan kami berada di satu jenis olahraga dengan tingkat emosi yang tinggi. Raheem (Sterling) sudah menjelaska­n bahwa emosi berhasil menguasain­ya,” ucap Southgate seperti dikutip BBC Sport. ”Pertikaian seperti ini memang sering muncul di sepak bola,” tambah pelatih yang meloloskan Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 tersebut.

Southgate mengatakan sudah selesai dengan masalah yang menyeret Sterling dan Gomez. Pelatih 49 tahun tersebut lebih tertarik membicarak­an kans mengunci tiket lolos di Wembley dini hari nanti. ”Kami tidak berharap harus menunggu sampai laga di Pristina (matchday pemungkas di kandang Kosovo, Stadion Fadil Vokrri, 18/11, Red),” tegas Southgate kepada ESPN.

Kehilangan Sterling memang menjadi problem besar bagi komparteme­n lini serang Inggris. Dalam empat laga terakhir The Three Lions, pemain berusia 24 tahun itu berkontrib­usi

FARUK HADZIBEGIC empat gol serta enam assist. Tapi, Southgate punya nama-nama yang bisa menjadi substitusi.

Sebut saja winger Borussia Dortmund Jadon Sancho yang sudah berpengala­man dalam berkolabor­asi dengan dua penghuni front three lainnya. Yakni, kapten tim Harry Kane (Tottenham Hotspur) dan Marcus Rashford (Manchester United). Juga, winger Chelsea Callum Hudson-Odoi yang menjadikan Sterling sebagai role model-nya.

Ada pengakuan dari HudsonOdoi tentang hukuman untuk Sterling. ”Keputusan itu (menghukum Sterling, Red) bukan hanya keputusan sepihak (Southgate, Red), melainkan juga ada kesepakata­n dengan para pemain,” jelas pemain 19 tahun yang punya koleksi dua caps tersebut kepada Sky Sports.

 ?? KYODO NEWS STILLS ADRIAN DENNIS/AFP ?? Inggris lolos jika mengalahka­n Montenegro atau seri melawan Montenegro
Rep Ceko lolos jika mengalahka­n
Kosovo
TETAP SIBUK: David Villa saat membela Vissel Kobe musim ini. Setelah pensiun, dia menjadi pemilik klub di USL.
Portugal lolos jika mengalahka­n Lithuania dan Serbia gagal mengalahka­n Luksemburg
FOKUS: Harry Kane bakal meloloskan Inggris ke putaran final Euro 2020 asalkan tidak kalah oleh Montenegro di Stadion Wembley dini hari nanti (15/11).
KYODO NEWS STILLS ADRIAN DENNIS/AFP Inggris lolos jika mengalahka­n Montenegro atau seri melawan Montenegro Rep Ceko lolos jika mengalahka­n Kosovo TETAP SIBUK: David Villa saat membela Vissel Kobe musim ini. Setelah pensiun, dia menjadi pemilik klub di USL. Portugal lolos jika mengalahka­n Lithuania dan Serbia gagal mengalahka­n Luksemburg FOKUS: Harry Kane bakal meloloskan Inggris ke putaran final Euro 2020 asalkan tidak kalah oleh Montenegro di Stadion Wembley dini hari nanti (15/11).
 ?? HERLAMBANG/JAWA POS IAN LANGSDON/EPA-EFE-MARTIN BUREAU/AFP ?? TERMOTIVAS­I: Kylian Mbappe dan Senol Gunes (inset) mengusung misi personal dalam laga penentuan lolos ke putaran final Euro 2020 dini hari nanti.
HERLAMBANG/JAWA POS IAN LANGSDON/EPA-EFE-MARTIN BUREAU/AFP TERMOTIVAS­I: Kylian Mbappe dan Senol Gunes (inset) mengusung misi personal dalam laga penentuan lolos ke putaran final Euro 2020 dini hari nanti.
 ??  ??
 ?? WASIT Stadion ??
WASIT Stadion
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia