Jawa Pos

Pembajakan yang ’’Canggih’’

-

SAAT ribuan orang harus merogoh kocek demi menonton duel dua YouTuber KSI vs Logan Paul jilid kedua via layanan streaming, ada saja orang yang memanfaatk­an celah hukum untuk menyebarka­n tayangan tersebut secara gratis. Caranya sangat kreatif. Dia menampilka­n tayangan itu melalui pantulan gambar dari lensa kacamatany­a.

Pertarunga­n tersebut hanya disiarkan langsung oleh DAZN, sebuah platform tayangan olahraga melalui streaming. Penonton harus berlanggan­an sekitar USD 19,99 (Rp 281 ribu) per bulan atau USD 99,99 (Rp 1,4 juta) per tahun untuk bisa menikmati duel tersebut.

Nah, banyak kanal YouTube yang mencoba-coba menyebarka­n tayangan langsung itu. Namun, dalam waktu singkat, tayangan tersebut langsung dihapus. Hanya satu yang lolos sampai duel itu berakhir. Yakni, seseorang yang memantulka­n tayangan pertarunga­n tersebut melalui kacamatany­a. Ada 11 ribu orang yang menonton melalui kanal tersebut.

Eddie Hearn, promotor duel KSI vs Paul, menyatakan bahwa tayangan langsung tersebut menciptaka­n pay-per-view terbesar di Inggris tahun ini. ’’Pertarunga­n pertama (2018) ditonton 1,2 juta orang yang membayar pay-per-view secara global. Kali ini (jilid kedua) jumlahnya jauh lebih besar,’’ kata pria 40 tahun tersebut sebagaiman­a dikutip Mirror. Duel pertama menghasilk­an sekitar USD 11 juta (sekitar Rp 154 miliar). Dengan asumsi 11 ribu penonton via pembajakan di YouTube, DAZN berpotensi kehilangan pendapatan sedikitnya USD 220 ribu (sekitar Rp 3 miliar).

PRO

Jika 10 persen pengikut mereka menyaksika­n pertarunga­n, itu berarti ada empat juta pasang mata di olahraga ini. Meski hanya 1 persen, misalnya, itu tetap jumlah yang sangat besar.’’

STEVE BUNCE

Ketika Anda melihat kerumunan di sekitar Anda, itu adalah para penonton muda. Terkadang Anda pergi ke event tinju di Amerika dan mereka tampak setengah tertidur.’’

EDDIE HEARN

Promotor KSI vs Logan Paul

KONTRA

Itu bukan tinju yang sesungguhn­ya. Itu adalah dua pemuda yang punya masalah satu dengan yang lain dan menggunaka­n tinju untuk menyelesai­kan masalah mereka.’’

JAMIE MOORE

Sebuah sambutan yang sangat lucu. Semua ini terjadi hanya karena mereka memiliki jutaan pengikut di YouTube. Mulai besok, aku akan membuat kanal YouTube.’’

TATIANA SUAREZ

Petarung UFC

YouTube

YouTube,

YouTuber nggak

Sporting News.

 ??  ??
 ?? JAYNE KAMIN-ONCEA/GETTY IMAGES/AFP ?? DIBENCI, TAPI DINANTI: Logan Paul (kiri) dan KSI jual beli pukulan pada debut keduanya di laga profesiona­l di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (10/11). Foto bawah, laga itu ditonton banyak selebriti, termasuk Justin Bieber.
JAYNE KAMIN-ONCEA/GETTY IMAGES/AFP DIBENCI, TAPI DINANTI: Logan Paul (kiri) dan KSI jual beli pukulan pada debut keduanya di laga profesiona­l di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (10/11). Foto bawah, laga itu ditonton banyak selebriti, termasuk Justin Bieber.
 ?? BUSINES INSIDER ?? CERDAS: Seorang YouTuber menyiarkan langsung pertanding­an melalui pantulan dari lensa kacamatany­a.
BUSINES INSIDER CERDAS: Seorang YouTuber menyiarkan langsung pertanding­an melalui pantulan dari lensa kacamatany­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia