Jawa Pos

MASAK GAK BISA MENANG?

PSM Pincang, Kelelahan, dan Tak Pernah Menang di Laga Tandang

-

BALIKPAPAN, Jawa Pos – Sudah tujuh laga dilalui Persebaya Surabaya tanpa kemenangan. Green Force –julukan Persebaya– menelan empat kekalahan dan tiga hasil imbang. Nah, kans mengakhiri tren buruk tersebut terbuka kala menjamu PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan, sore nanti (live Indosiar pukul 15.30 WIB).

Tim Ayam Jantan dari Timur –julukan PSM Makassar– musim ini memiliki rekor sangat buruk di laga

away. Dari 12 kali bertandang ke kandang lawan, Rivky Mokodompit dkk menelan sembilan kali kekalahan dan tiga kali seri. Catatan golnya juga mengenaska­n. Dalam laga

away tersebut, PSM kebobolan 23 kali dan hanya bisa mengoyak gawang tim tuan rumah delapan kali.

Meladeni Persebaya sore nanti, enam pemain PSM juga dipastikan absen. Abdul Rahman dan Guy Junior cedera. Asnawi Bahar dan Firza Andika masuk skuad timnas U-23. Hasim Kipuw dan Wiljan Pluim terkena akumulasi kartu. Absennya Abdul Rahman, Kipuw, Firza, dan Asnawi mengakibat­kan lini belakang PSM krisis. Bahkan, bek tengah hanya menyisakan Aaron Evans dan Munhar. Kondisi lawan yang seperti itu semestinya bisa dieksploit­asi Ruben Sanadi dkk untuk meraih kemenangan.

Sejatinya, kondisi Persebaya tidak jauh beda. Hansamu Yama dan Otavio Dutra absen. Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto masuk skuad timnas U-23. Bedanya, Green Force sudah terbiasa dengan kondisi tersebut. Dan, pelatih Persebaya Aji Santoso percaya penuh kepada pemain yang dibawanya. ’’Semua pemain kami sangat siap. Mudah-mudahan mereka bisa tampil bagus,’’ kata pelatih 49 tahun itu.

Untuk lini belakang, duet M. Syaifuddin dan Andri Muliadi berpeluang tampil. Hanya, Aji masih menunggu kondisi terakhir tiga pemainnya. Mereka adalah David da Silva, Irfan Jaya, dan Miswar Saputra. Ketiganya ikut berangkat ke Balikpapan, namun dalam kondisi tidak 100 persen.

Karena itu, Aji tak berani memastikan apakah tiga pemainnya itu bakal tampil sebagai starter. Apalagi, waktu recovery

mereka juga cukup mepet. Meski begitu, Aji menilai, ketiga pemainnya tersebut siap tampil. ’’Untuk Da Silva dan Irfan, mereka cukup siap. Kalau Miswar, kondisinya memang sudah bagus. Tapi, badannya agak sedikit kurus setelah sakit,’’ tambah mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. Itu berarti ada kans Imam Arief kembali tampil sebagai starter.

Kapten Persebaya Ruben Sanadi menyatakan siap tempur. Dia tak mau memikirkan kondisi tim yang tak full team. Menurut dia, rekan-rekannya sudah tahu apa yang harus dilakukan. ’’Kami siap menjalanka­n materi yang sudah diberikan oleh pelatih. Siapa pun lawannya, kami harus kerja keras. Semoga dapat tiga poin,’’ tegas Ruben.

Bagaimana dengan pelatih PSM Darije Kalezic? Dia sambat. Pelatih asal Swiss itu tak habis pikir mengapa laga kontra Persebaya bisa digelar. Menurut dia, seharusnya PSM dinyatakan menang WO setelah laga tertunda pada 2 November lalu. Sebab, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan kabar bahwa laga dipindahka­n ke Stadion Batakan dua hari sebelum laga. ’’Seharusnya, kalau sesuai regulasi, kan empat hari sebelum laga,’’ katanya.

Dia kecewa dengan keputusan LIB yang tetap menggelar pertanding­an itu. ’’Tidak ada yang bisa jelaskan ke saya mengapa laga ini bisa digelar?’’ terangnya.

Apalagi, jadwal laga tersebut dinilai terlalu mepet. Sebelumnya, Juku Eja –julukan PSM– bersua Kalteng Putra (10/11). ’’Kami hanya punya waktu dua hari. Dengan jadwal padat ini, kami tak bisa berbuat banyak,’’ tambah pengganti Robert Rene Alberts itu.

Untung bagi PSM, laga dipastikan tanpa penonton.

Tanpa 2

AJI SANTOSO 12 kehadiran Bonek, Kalezic menilai, timnya cukup diuntungka­n. ’’Jadi, untuk memenangka­n laga ditentukan dengan kualitas (pemain) di lapangan,’’ katanya.

Sementara itu, mantan striker Persebaya yang saat ini berkostum PSM Amido Balde membuktika­n bahwa keputusan manajemen Persebaya mendepakny­a sangat keliru. ’’Tugas saya adalah mencetak gol. Kalau ada peluang, pasti saya akan berusaha mengonvers­inya menjadi gol,’’ katanya saat ditemui Jawa Pos di Stadion Batakan, Balikpapan, kemarin sore.

Meski begitu, dia menyatakan tak membenci Persebaya. Menurut Balde, dirinya masih menaruh respek besar kepada seluruh jajaran yang ada di Green Force. ’’Saya selalu menghormat­i semua soal Persebaya. Saya respek dengan staf pelatih, sampai Bonek,’’ kata pemain asal Guinea-Bissau itu.

Balde mengatakan masih sering melakukan komunikasi dengan pemain Green Force. ’’Sebelum pertanding­an kami komunikasi. Saya punya relasi yang sangat bagus dengan mereka,’’ tambah Balde.

Tetapi, di lapangan nanti Balde berjanji akan menepikan segala hubungan baik tersebut. ’’Saya adalah pemain profesiona­l. Saya butuh bermain dan membuktika­n kualitas saya,’’ imbuh pemain 28 tahun itu. 28 90 17 433 7 8 4231

DARIJE KALEZIC

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS, ARDIANYSAH BANDOE/FAJAR ?? ANTUSIAS: Diogo Campos bakal menjadi motor serangan Persebaya dan Amido Balde tertantang untuk mengoyak gawang tim yang membuangny­a.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS, ARDIANYSAH BANDOE/FAJAR ANTUSIAS: Diogo Campos bakal menjadi motor serangan Persebaya dan Amido Balde tertantang untuk mengoyak gawang tim yang membuangny­a.
 ??  ?? LAYAK: Stadion Batakan, Balikpapan, menjadi salah satu pilihan bagi Persebaya untuk berkandang musim depan.
LAYAK: Stadion Batakan, Balikpapan, menjadi salah satu pilihan bagi Persebaya untuk berkandang musim depan.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia