Jawa Pos

Rencanakan Berkandang di Batakan

-

STADION Batakan, Balikpapan, merupakan markas tim Liga 2, Persiba Balikpapan. Tetapi, musim depan bisa jadi stadion yang diresmikan pada 2018 tersebut juga menjadi markas Persebaya Surabaya.

Kok bisa? Itu terkait dengan rencana renovasi kandang Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Renovasi tersebut membuat Persebaya ’’terusir’’. Nah, stadion Batakan menjadi salah satu opsi home base Green Force –julukan Persebaya– musim 2020.

Sebetulnya, opsi awal bukan Stadion Batakan. Sekretaris Persebaya Ram Surahman mengungkap­kan, pihaknya ingin Persebaya bermain di Jawa Timur. Ada beberapa pilihan stadion. Salah satunya, Gelora Delta, Sidoarjo. ’’Tapi, kami kesulitan (dapat izin) kalau main di sekitar Surabaya,’’ kata Ram saat ditemui Jawa Pos di Stadion Batakan kemarin sore.

Menurut dia, ada ketakutan dari sisi keamanan. Pindah home base dengan tetap di kawasan Jatim sulit terwujud. Kondisi itu terlihat sejak laga kontra PSM Makassar ditunda pada 2 November lalu. Saat itu manajemen Green Force sudah mengajukan beberapa stadion sebagai pengganti GBT. Selain Gelora Delta, ada Stadion Surajaya, Lamongan, dan Gelora Bangkalan. Karena itu, opsi bermain di Batakan menjadi masuk akal.

Rencana sudah dibuat, tetapi belum final. Ram menegaskan, pihaknya akan tetap berjuang agar Persebaya bisa berkandang di Jatim. Untuk memudahkan upaya tersebut, manajemen Green Force bakal menghadap Ketua PSSI Mochamad Iriawan. ’’Beliau (Iwan, Red) ini kan polisi. Kami mau minta petunjuk seharusnya kami seperti apa,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia