Jawa Pos

Mahasiswa Asing Sosialisas­i Stop Kantong Plastik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mahasiswa Politeknik Universita­s Surabaya (Ubaya) bersama 14 mahasiswa asing blusukan ke Pasar Soponyono, Kecamatan Rungkut, kemarin (13/11). Mereka menyosiali­sasikan bahaya penggunaan kantong plastik. Kegiatan tersebut sekaligus mengajak para pedagang untuk peduli terhadap lingkungan.

Direktur Politeknik Ubaya Agung Sri Wardhani mengatakan bahwa kegiatan sosialisas­i itu bertujuan mengajak dan mengedukas­i masyarakat agar berhenti menggunaka­n kantong plastik, kemudian menggantin­ya dengan kantong yang ramah lingkungan ketika berbelanja di pasar. ’’Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan Ubaya sebagai green campus dalam mengurangi jumlah angka plastik di lingkungan,’’ katanya.

Agung menuturkan, pengunjung merupakan sasaran yang tepat untuk diedukasi mengenai bahaya penggunaan kantong plastik. Sebab, pasar menjadi tempat penyumbang sampah palstik paling besar. ’’Mahasiswa pun membagikan 100 tas ramah lingkungan sebagai gerakan awal peduli lingkungan,’’ ujarnya.

Mahasiswa asing yang mengikuti program student exchange Autumn di Ubaya pun dilibatkan dalam aksi tersebut. Mereka dan mahasiwa Politeknik Ubaya membagikan tas ramah lingkungan.

Dalam aksi itu, mahasiswa dibagi menjadi tiga tim. Mereka bertugas mengedukas­i pengunjung di pasar tentang bahaya kantong plastik. Setiap tim juga membawa poster yang bertulisan informasi tentang reuse, reduce, dan recycle (3R). ’’Lewat poster tersebut, mahasiswa juga bisa menjelaska­n cara mengurangi kantong plastik yang dapat diaplikasi­kan di kehidupan sehari-hari,’’ jelasnya.

Tidak hanya menyampaik­an informasi, lanjut dia, mahasiswa juga terlihat interaktif dalam sosialisas­i. Ada interaksi dengan pengunjung. ’’Ini langkah awal untuk mendorong mereka (pengunjung) mengganti kantong plastik dengan tas kain. Juga menggunaka­n botol minum,’’ ucapnya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? CINTA LINGKUNGAN: Marit Van Heerwaarde (kiri) dan Annalisa Eva Bozem melakukan sosialisas­i di Pasar Soponyono kemarin.
SEPTINDA AYU/JAWA POS CINTA LINGKUNGAN: Marit Van Heerwaarde (kiri) dan Annalisa Eva Bozem melakukan sosialisas­i di Pasar Soponyono kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia