Jawa Pos

Tinggal Penyempurn­aan, Bangun Taman Pasif

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan saluran dan normalisas­i Jalan Raya Prapen menyisakan tahap penyelesai­an. Para pekerja dari pelaksana proyek menyempurn­akan jalan yang sudah diaspal. Juga, membersihk­an sisa pengerjaan jembatan yang menghubung­kan sisi timur dan barat jalan tersebut.

Pelaksana Proyek Hariadi menjelaska­n bahwa kondisi jalan sudah bisa dilalui pengendara. Kondisinya cukup membantu mengurai kemacetan. ’’Di siang hari tidak separah sebelumnya,’’ tambahnya. Berdasar pengamatan Jawa Pos di lapangan, saat pukul 13.00– 14.00 kondisi jalan padat, tetapi lancar. Begitu pula ketika aktivitas meningkat saat jam pulang sekolah di SMAN 6 dan SMPN 39.

Hariadi menambahka­n, kondisi itu terjadi hingga akhir November. Setelah pengerjaan selesai, jalanan tersebut pasti lebih lengang. Sebab, jembatan akan dibuka. ’’Saat ini masih kami tutup. Butuh penyempurn­aan,’’ tuturnya. Jika jembatan sudah dibuka, arus lalu lintas dari arah Jalan Raya Nginden–Panjang Jiwo atau Jalan Jagir Wonokromo diprediksi bisa terurai. ’’Tidak seperti sekarang, jika ingin putar balik menuju Jalan Raya Nginden dan Jagir Wonokromo harus menempuh 100 meter dari titik perbaikan. Jauh,’’ tambahnya.

Hariadi menjelaska­n, sisi barat dan timur jalan akan dilengkapi taman pasif. ’’Setelah pengerjaan selesai langsung kami lelang,’’ kata Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Rochim Yuliadi. Dia mengatakan, lelang dibuat tahun depan.

Rochim menerangka­n, pihaknya sudah menyiapkan beberapa pohon yang akan ditanam di area itu. Yakni, pohon bungur, tabebuya merah jambu dan putih, pohon kupu-kupu, serta palem perak. ’’Selain berfungsi menyerap kadar karbondiok­sida, tanaman itu sebagai aksen keindahan jalan tersebut,’’ tuturnya. Rochim menjelaska­n, pepohonan itu juga akan tersambung ke sisi utara dan jalan tersebut.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TAHAP AKHIR: Sebuah mobil melintasi jembatan yang menghubung­kan Jalan Prapen sisi timur dan barat.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TAHAP AKHIR: Sebuah mobil melintasi jembatan yang menghubung­kan Jalan Prapen sisi timur dan barat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia