Jawa Pos

Saluran Crossing Manyar Tuntas Pekan Depan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Progres perbaikan saluran di Surabaya Timur terus berlanjut sebelum puncak musim hujan datang. Salah satunya, Jalan Manyar. Para pekerja sedang melakukan bekisting atau membuat penahan sebelum melakukan pembetonan pada dinding saluran sisi barat. Sementara itu, lainnya melakukan pemasangan cor saluran di posisi yang sama sepanjang 15 meter.

Proyek crossing Manyar tersebut sudah berjalan dua minggu. Kabid Perancanga­n dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Farhan Sanjaya mengatakan, pembuatan saluran tersebut memiliki dua fungsi. Yakni, mengurangi genangan yang berasal dari Jalan Ngagel Jaya Utara. Serta melancarka­n aliran air ke saluran tengah Jalan Manyar.

”Pertengaha­n Desember kami upayakan selesai,” katanya. Dia mengaku tidak mengalami kendala yang begitu berarti. Hanya, pekerja harus memaksimal­kan pemasangan box culvert di malam hari. Sebab, pada siang hari lalu lintas padat. ”Jadi saling berbagi. Tidak bisa sepenuhnya kami kerjakan dengan cepat,” tambahnya.

Dia menjelaska­n, daerah yang memanfaatk­an saluran itu memang menjadi langganan banjir di musim hujan. Penyebabny­a, posisi saluran rendah. Kedalamann­ya juga dangkal. Ditambah lagi, banyak sampah yang menumpuk di saluran sehingga menggangu kelancaran air. ”Inilah pentingnya kami keruk dan lakukan penguatan pada dasar saluran,” kata pelaksana proyek Ronald Pattiasina kemarin (13/11).

Sebelumnya, pengecoran dinding saluran dilakukan di Jalan Ngagel Jaya Utara sepanjang 100 meter. ”Kalau di jalan ini (Manyar, Red) kami fokuskan ke crossingny­a,” tutur Ronald.

Setelah melakukan pemasangan tersebut, pekan depan akan dilakukan pengaspala­n pada saluran crossing itu. ”Sebelumnya, kami bongkar jadi menyisakan tanah yang tidak rata. Pengendara bisa celaka,” tuturnya.

Pengerjaan di Jalan Manyar tersebut, kata dia, memang harus dilakukan dengan hati-hati. Terutama saat pemasangan box culvert yang harus memperhati­kan keberadaan tiga pipa PDAM. ”Kami lakukan koordinasi. Penggunaan alat berat tak boleh sembaranga­n,” ungkap Ronald. Pihak PDAM rutin datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? pilihan ganda. ’’Tidak ada soal esai dan tuturnya.
MTsN 1 Surabaya juga melaksanak­an simulasi UNBK kemarin. Total ada 207 siswa yang mengikuti simulasi UNBK
KURANGI GENANGAN: Pekerja sedang menyelesai­kan dinding penahan di sekitar saluran crossing Manyar kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS pilihan ganda. ’’Tidak ada soal esai dan tuturnya. MTsN 1 Surabaya juga melaksanak­an simulasi UNBK kemarin. Total ada 207 siswa yang mengikuti simulasi UNBK KURANGI GENANGAN: Pekerja sedang menyelesai­kan dinding penahan di sekitar saluran crossing Manyar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia