Jawa Pos

PDAM Uji Coba Kualitas Pipa Jaringan Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga Tambak Asri yang sekitar dua bulan belakangan sempat kesulitan air bersih bisa bernapas lebih lega. Pengerjaan pipa jaringan baru PDAM Surya Sembada di wilayah tersebut telah selesai.

Saat ini PDAM melakukan konektivit­as jaringan dan uji coba kualitas. Tujuannya, mengetahui tingkat pendistrib­usian air di Tambak Asri. ’’Jangan sampai pipa baru tersebut memengaruh­i pendistrib­usian air terhadap pipa jaringan yang lama. Apalagi sampai mengganggu pendistrib­usian air ke daerah lain,’’ ujar Manajer Senior Pemelihara­an PDAM Surya Sembada Nanang Widiatmoko.

Karena itu, jaringan harus diatur. Termasuk mengatur pengoperas­ian katup (valve) pipa. Pipa berukuran 300 milimeter yang digunakan untuk penambahan jaringan ke Tambak Asri sudah terkoneksi pipa berukuran 800 milimeter dari Dupak.

Teknisnya, sebelum sampai ke permukiman, pipa 300 mm tersebut disambungk­an dengan pipa 200 mm. Setelah itu, pipa tersebut dihubungka­n pipa jaringan permukiman berukuran 150 mm. Dengan penyambung­an dari pipa besar ke pipa kecil, air yang tersalurka­n lebih banyak. Sebab, ada tekanan yang lebih tinggi dari pipa sebelumnya. ’’Beda halnya jika pipa tersebut berukuran sama. Sama-sama besar atau sebaliknya. Pendistrib­usian air sangat mungkin tidak stabil. Bisa berlebih atau sebaliknya,’’ paparnya.

Manajer Humas PDAM Adi Nugroho menambahka­n, jika kondisinya sudah stabil, pihaknya segera membongkar jaringan pipa sementara yang menggantun­g di jembatan penyeberan­gan Sungai Genting. Setelah Tambak Asri, Krembangan, wilayah Semampir juga menjadi perhatian. Khususnya di Jalan Tenggumung Baru. Kondisinya sama-sama permukiman padat penduduk dan mengalami problem distribusi air yang tidak maksimal. Adi menuturkan akan ada perbaikan hingga penggantia­n pipa baru di wilayah tersebut. ’’Saat ini dilakukan pengecekan lapangan oleh petugas kami,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia