Jawa Pos

Konsep Basement Balai Pemuda untuk Kegiatan Seni

-

SURABAYA, Jawa Pos – Progres pembanguna­n basement kompleks Balai Pemuda selesai pertengaha­n tahun depan. Ruang bawah tanah itu rencananya dipakai untuk kegiatan kesenian yang melengkapi Balai Pemuda saat ini.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian mengatakan, pengerjaan ruang bawah tanah dilangsung­kan awal Januari. Tepatnya setelah pengecoran jalan rampung. ’’Pengerjaan basement direncanak­an selesai tiga bulan,’’ jelasnya. Dengan begitu, pada pertengaha­n tahun, ruang bawah tanah itu bisa difungsika­n sesuai perencanaa­n.

Iman mengatakan, basement akan difungsika­n untuk kegiatan kesenian. Misalnya, pertunjuka­n musik, pameran galeri, hingga pemutaran film. ’’Konsep basement Balai Pemuda akan dibuat lebih egaliter,’’ katanya. Di kompleks Balai Pemuda saat ini sudah ada beberapa ruangan yang konsepnya dibuat berbeda. Gedung budaya dikonsep teater lengkap dengan kursi penonton. Sementara itu, area open space ditujukan untuk pertunjuka­n outdoor.

Bukan hanya untuk kegiatan seni. Basement juga akan difungsika­n untuk ruang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ruangan tersebut menjual dan mempromosi­kan berbagai produk unggulan di Surabaya.

Bangunan amphitheat­re, kata Iman, saat ini belum bisa dikerjakan. Proses hukum mengenai aset di Jalan Pemuda 17 itu masih berlangsun­g. ’’Di area basement akan diberi tempat untuk menembus ke alun-alun,’’ tuturnya.

Konstruksi amphitheat­re berbeda dengan pembanguna­n

basement di bawah Jalan Yos Sudarso. Ruang bawah tanah di

amphitheat­re bakal dibuat lebih tinggi. Yakni, sekitar 17 meter. Ruangan yang lebih tinggi tersebut akan difungsika­n sebagai tempat parkir. Ruang parkir bawah tanah itu dikhususka­n untuk pengguna roda empat.

Kepala Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) M.T. Ekawati Rahayu saat dikonfirma­si Jawa Pos soal status aset Jalan Pemuda 17 menjawab singkat. ’’Mohon maaf, bisa ditanyakan ke bagian humas,’’ paparnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? AKAN BERLANJUT TAHUN DEPAN: Pengerjaan basement kompleks Balai Pemuda di Jalan Yos Sudarso akan berlanjut dengan pengecoran.
DIPTA WAHYU/JAWA POS AKAN BERLANJUT TAHUN DEPAN: Pengerjaan basement kompleks Balai Pemuda di Jalan Yos Sudarso akan berlanjut dengan pengecoran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia