Jawa Pos

313 Pegawai Kecamatan Kota Jalani Tes Urine

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kecamatan Sidoarjo tidak ingin para pegawai di lingkungan­nya terjerat narkoba. Karena itu, 140 aparat sipil negara (ASN) maupun non-ASN menjalani tes urine di aula kecamatan kemarin (13/11). Dalam kegiatan itu, pihak kecamatan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo.

Camat Sidoarjo Agustin Iriani mengatakan, pemeriksaa­n urine tersebut merupakan lanjutan Kamis lalu (7/11). Kala itu, ada 173 pegawai yang diperiksa. Dengan begitu, total 313 orang menjalani tes. ’’Berdasar berita acara, hasil tes semua negatif,” katanya.

Hal itu membuktika­n bahwa lingkungan kerja se-Kecamatan Sidoarjo aman dari penyalahgu­naan narkoba. ’’Ini bentuk pencegahan dini. Apabila benar ada yang ketahuan pengguna narkoba, akan kami tindak keras,” lanjutnya.

Pelaksanaa­n tes urine tersebut, kata Agustin, sesuai dengan Inpres No 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberanta­san, Penyalahgu­naan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). ’’Tahun depan pasti diadakan lagi. Tentunya dengan alat tes yang lebih canggih. Yaitu, mampu mendeteksi enam parameter,” katanya.

Kasi Pencegahan dan Pemberdaya­an Masyarakat (P2M) BNNK Sidoarjo AKP Siti Saidah mengatakan, selama tes, pihaknya menggunaka­n alat penguji yang mampu mendeteksi tiga parameter. Yaitu, sabu-sabu, benzo, dan ganja. ’’Terdeteksi negatif semua. Mereka siap mengampany­ekan gerakan antinarkob­a,” tuturnya.

Dari pantauan, beberapa hasil tes terlihat positif. Artinya, ada pegawai yang diduga terjangkit narkoba. ’’Memang positif, tapi bukan narkoba,” katanya. Saidah menjelaska­n, sebagian peserta tes mengonsums­i obat-obatan. Misalnya, obat flu dan penenang. ’’Kandungann­ya tidak berbahaya,” ujarnya.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? PENCEGAHAN: Petugas BNNK Sidoarjo mendata urine yang diserahkan pegawai Kecamatan Kota Sidoarjo kemarin.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS PENCEGAHAN: Petugas BNNK Sidoarjo mendata urine yang diserahkan pegawai Kecamatan Kota Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia