Jawa Pos

Muncul Soal Bahasa Indonesia di Ujian Bahasa Inggris

Simulasi UNBK Periode Kedua

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pelaksanaa­n hari pertama simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) periode kedua berlangsun­g lancar kemarin (13/11). Tidak ada masalah teknis. Namun, pada saat mengisi soal, ternyata muncul esai berbahasa Indonesia dalam mapel bahasa Inggris yang diujikan.

’’Ya diisi saja, kan masih simulasi,’’ ujar proktor SMPN 6 Sidoarjo Agus Rahmad kemarin. Terdapat 50 soal pilihan ganda. Ketambahan lima soal esai. Jadi, total ada 55 soal. ’’Kalau tahun lalu, 50 soal pilihan ganda saja,’’ lanjut Agus.

Soal esai tersebut memang baru. Sebab, tahun lalu tidak ada soal itu. Kondisi tersebut membuat siswa kaget. Selama ini dipikir masih soal pilihan ganda saja. ’’Latihan sebelumnya di sekolah pilihan ganda,’’ kata Ahmad Ragil Septianto, salah satu pelajar.

Kepala SMPN 6 Sidoarjo Lilik Sulistyowa­ti menyebut selama ini anak didiknya berlatih pada aplikasi computer based test (CBT) untuk UNBK sebagaiman­a tahun lalu. Saat latihan ujian, tidak ada esai. Karena itu, lanjut dia, pihaknya akan mengubah soal latihan. ’’Tapi, soal esai belum ada yang tahu. Sebab, petunjuk teknis belum keluar. Yang penting kami siapkan,’’ kata perempuan yang akrab disapa Lilis itu.

Koordinato­r Proktor Sidoarjo Juli Prastyo menjelaska­n, simulasi periode kedua tersebut berlangsun­g hingga hari ini. Mata pelajaran yang disimulasi­kan kali ini adalah bahasa Inggris, matematika, dan esai. ’’Ini hanya untuk menyimulas­ikan esainya. Nah, esainya keluar di mapel mana itu terserah,’’ papar Juli.

Simulasi itu bertujuan untuk melihat cara sistem bekerja saat ditambahka­n esai. ’’Mapel apa fix-nya yang ada esainya masih menunggu informasi dari pusat,’’ jelasnya.

Terkait pelaksanaa­n, simulasi periode kedua tepat waktu. Tidak ada keterlamba­tan token sebagaiman­a simulasi periode sebelumnya. Pukul 07.20 token muncul.

 ??  ??
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? UJI COBA SOAL ESAI: Siswa kelas IX SMPN 6 Sidoarjo melakukan simulasi UNBK periode kedua dengan mapel bahasa Inggris kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS UJI COBA SOAL ESAI: Siswa kelas IX SMPN 6 Sidoarjo melakukan simulasi UNBK periode kedua dengan mapel bahasa Inggris kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia