Jawa Pos

Ingin Jadi Filmmaker, Awali dengan Film Festival

-

SURABAYA, Jawa Pos –”Film festival bisa menjadi tempat pertama seseorang berkontrib­usi menjadi filmmaker,” kata Wilza Lubis di hadapan puluhan peserta diskusi di BG Junction kemarin. Perempuan yang menjadi produser di film 27 Steps of

May itu berkeyakin­an bahwa menjadi seorang filmmaker tidaklah sulit. Tipnya, bikin film yang bisa diikutkan dalam berbagai festival.

’’Yang kali pertama harus dipikirkan adalah ide cerita,’’ ucap perempuan yang juga ikut memproduse­ri film Susi Susanti yang sedang tayang saat ini. Kalau sudah ketemu jalan cerita yang bagus, baru dipikirkan proses produksiny­a. Soal biaya juga bisa diakali. ”Jika kita mencari di internet, banyak tersedia web pendanaan film. Kita tinggal bikin proposal,” ujar Wilza yang menjadi pembicara dalam Bulan Film SMK dr Soetomo tersebut.

Dengan membuat film yang bakal diikutkan dalam festival, banyak hal yang tak perlu lagi dipikirkan. Misalnya, sensor atau biaya yang harus dikeluarka­n jika film tersebut diputar di bioskop. ”Namun, bukan berarti film festival tidak bisa menjadi film komersial dan masuk bioskop,” tutur perempuan yang berperan sebagai Nuri dalam film Arisan! 2 itu.

Dia mencontohk­an film 27 Steps of May. Awalnya, film yang diperankan Raihaanun tersebut dibuat untuk diikutkan di berbagai festival film tingkat internasio­nal. Busan Internatio­nal Film Festival

merupakan festival film pertama yang menayangka­n film itu. Beberapa penghargaa­n juga dapat diraih film yang disutradar­ai Ravi Bharwani tersebut.

Bahkan, 27 Steps of May akhirnya diputar di bioskop meskipun durasinya tidak lama. Kini film itu juga masuk nominasi film cerita panjang terbaik versi Piala Citra 2019.

Dia menekankan, film festival yang masuk ke bioskop telah menjalani serangkaia­n kurasi. Dia memberikan masukan kepada para hadirin untuk membuat film sekreatif-kreatifnya. ”Ide, ide, ide. Itu kunci membuat film. Makanya, seorang filmmaker itu harus mau belajar,” ucapnya.

 ?? KARTIKA SARI/JAWA POS ?? BAGI ILMU: Wilza Lubis dalam diskusi di BG Junction kemarin.
KARTIKA SARI/JAWA POS BAGI ILMU: Wilza Lubis dalam diskusi di BG Junction kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia