Jawa Pos

IELTS Berbasis Komputer, Hasil Keluar 5–7 Hari

IALF Terapkan Metode Computer-Delivered IELTS

-

UNTUK menjawab perkembang­an teknologi, Indonesia Australia Languange Foundation (IALF) meluncurka­n computer-delivered Internatio­nal English Language Testing System (IELTS) yang lebih praktis dibanding paper based. Metode tersebut diklaim sebagai salah satu cara terbaik di dunia dalam melangsung­kan tes IELTS. Hanya dengan menghadap layar komputer, tes IELTS bisa dilakukan dengan cara mudah dan waktu singkat.

Marketing Communicat­ions Officer IALF Sitta Nurdiany menuturkan, hal tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan efektivita­s waktu pada pelajar yang ingin mengambil tes. Terkadang, mereka membutuhka­n waktu yang cepat. Computer-delivered IELTS hanya membutuhka­n setidaknya 5–7 hari untuk mengeluark­an hasilnya. Sedangkan tes yang menggunaka­n paper-based hasilnya baru keluar dalam dua minggu.

’’Dulu, membutuhka­n waktu yang lebih panjang, kini lebih mudah dan cepat. Ini bisa jadi angin segar bagi yang ingin melakukan tes dengan hasil cepat. Biasanya hal itu dibutuhkan untuk melamar pekerjaan mencari sekolah di luar negeri, dan mendaftar beasiswa. Apalagi, akurasinya sangat tinggi,” ujar Sitta.

Permintaan tes, dituturkan Sitta, juga kian hari kian bertambah. Dengan pemberlaku­an metode baru tersebut, kuota tes bisa meningkat. Pertambaha­n kuota tersebut merupakan dampak dari intensitas pelaksanaa­n tes yang bertambah. Tes tersebut dilangsung­kan pada Senin–Sabtu. Jumlah tersebut jauh beda dengan paper-based yang hanya 48 kali dalam setahun.

Meski berbasis komputer, computer delivered IELTS masih menyediaka­n beberapa step. Yakni, listening, reading, dan writing. Ketiganya dilakukan lewat komputer. Sitta menjelaska­n, ada tes speaking yang tetap dilakukan lewat tatap muka dengan penguji. ’’Meski tiga kategori dilakukan dengan komputer, tapi untuk speaking tetap memakai face-toface. Sebab, kami yakin bahwa berhadapan langsung dengan penguji saat speaking adalah metode paling efektif,” ungkap Sitta.

IALF hadir di tiga cabang di Indonesia mulai Jakarta, Surabaya, hingga Bali. Membawa visi sebagai language training dan consultanc­y service di Indonesia hingga Asia Pasifik, IALF menerapkan standar internasio­nal dalam pelaksanaa­n kegiatanny­a.

Terdapat beberapa major yang disediakan oleh IALF. Yakni, language testing dan IELTS preparatio­n.

Ada juga IALF Global sebagai agen pendidikan ke luar negeri. Di sana, siswa bisa mengambil program kursus bahasa Inggris, persiapan tes IELTS, dan mendaftar sekolah ke luar negeri.

 ??  ?? STANDAR INTERNASIO­NAL: Diluncurka­nnya program computer-delivered IELTS, permintaan akan tes IELTS meningkat.
STANDAR INTERNASIO­NAL: Diluncurka­nnya program computer-delivered IELTS, permintaan akan tes IELTS meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia