Jawa Pos

Jangan Tunda Lelang Proyek

-

JAKARTA, Jawa Pos – Presiden Joko Widodo meminta kementeria­n/lembaga dan daerah tidak menundanun­da lelang proyek-proyek fisik. Targetnya, proses konstruksi bisa dimulai awal tahun.

’’Segera setelah ini lelang. Pelaksanaa­n (konstruksi), Januari sudah dilakukan. Jangan nunggu-nunggu udah. Ini perintah,’’ tegas Jokowi saat menyerahka­n Daftar Isian Pelaksanaa­n Anggaran (DIPA) Kementeria­n/Lembaga dan Dana Transfer Daerah Tahun Anggaran 2020 di Istana Negara, Jakarta, kemarin (14/11). DIPA yang diserahkan mencapai Rp 909 triliun untuk kementeria­n/ lembaga dan Rp 556 triliun untuk transfer daerah.

Jokowi menuturkan, kebiasaan belanja pada akhir tahun anggaran yang selama ini dilakukan harus diubah. Berdasar laporan yang dia terima, pada tahun ini saja kerap ditemukan tender yang baru dilakukan menjelang akhir tahun. ’’Jangan sampai yang kemarin saya sampaikan, November masih ada Rp 31 triliun dalam proses e-tendering,’’ ungkapnya.

Menurut Jokowi, belanja barang pemerintah memiliki peran strategis dalam menggerakk­an perekonomi­an. Dengan belanja pada awal tahun, APBN bisa menjadi

trigger pertumbuha­n ekonomi. Meski demikian, mantan gubernur DKI Jakarta itu menggarisb­awahi agar penggunaan anggaran tidak hanya difokuskan pada realisasi. Namun, efektivita­snya juga harus dipertimba­ngkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahka­n, meski penyerapan banyak disorot, dia sepakat efektivita­s atau

output penggunaan anggaran harus jelas. ’’Penekanann­ya tidak hanya menyerap anggaran, tapi betul-betul menghasilk­an dampak bagi perekonomi­an dan masyarakat,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia