Jawa Pos

Tim Pusat Evaluasi PLTSa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persiapan untuk pengoperas­ian pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) terus dilakukan Pemkot Surabaya. Salah satunya menyambut tim dari Jakarta yang akan melakukan evaluasi. Sebab, rencananya Presiden Joko Widodo meresmikan proyek tersebut.

Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi mengungkap­kan, pemkot sudah berupaya untuk mendorong atau mempercepa­t proyek tersebut agar segera beroperasi. Namun sebelumnya, ada tim dari pemerintah pusat yang mengevalua­si terlebih dahulu proyek tersebut. Tim itu akan memastikan semua peralatan dan sistem sudah terpasang sesuai dengan standar. ”Dalam waktu dekat ini akan datang dari Jakarta. Karena permintaan­nya di Desember nanti sudah bisa diresmikan. Tentu bergantung jadwal dari presiden juga nanti,” jelas Eri kemarin.

Manfaat PLTSa itu sangat besar untuk mengurangi tumpukan sampah di TPA Benowo. Dengan metode landfill gas power plant, pengolahan sampah tersebut menghasilk­an listrik 2 megawatt.

Ditargetka­n pada Desember, pengolahan sampah itu bisa menghasilk­an listrik hingga 9 megawatt dengan metode gasifikasi power plant. Pemkot menganggar­kan sedikitnya Rp 122,5 miliar untuk pengelolaa­n sampah di TPA Benowo.

Eri menambahka­n, pemkot juga akan merampungk­an pembuatan buffer zone di sekitar TPA tersebut. Luas buffer zone itu sekitar 50 meter dari batas akhir TPA. ”Nanti buffer zone itu bisa menjadi area terbuka hijau. Bukan tak mungkin menjadi tempat yang bisa didatangi dan area rekreasi,” jelas Eri. Namun, fungsi utama buffer zone itu memang untuk pelindung TPA.

”Di Jepang ada TPA yang berada di depan permukiman. Bahkan, pengolahan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun, Red) juga. Karena tak dimungkiri memang teknologin­ya canggih,” jelas dia. Namun, yang lebih penting adalah edukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembaranga­n.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? RAMAH LINGKUNGAN: PLTSa menunggu evaluasi dari Jakarta untuk memastikan semua peralatan dan sistem sudah terpasang sesuai standar.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS RAMAH LINGKUNGAN: PLTSa menunggu evaluasi dari Jakarta untuk memastikan semua peralatan dan sistem sudah terpasang sesuai standar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia