Jawa Pos

Waspadai Angin Kencang Jelang Musim Hujan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Angin kencang melanda sebagian kawasan Surabaya Barat kemarin (14/11). Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak mengimbau agar warga tetap mewasdai potensi angin kencang, bahkan puting beliung, memasuki musim hujan pertengaha­n November ini.

Prakirawan BMKG Tanjung Perak Fajar Setiawan menjelaska­n, memasuki musim hujan memang kerap terjadi cuaca ekstrem berupa hujan yang disertai petir dan angin kencang, bahkan puting beliung. Berdasar hasil deteksi kemarin, melihat kondisi angin yang mengalami konvergens­i di atas Pulau Jawa bagian utara, termasuk 11 200

Total ganti rugi

Surabaya, dua sampai tiga hari ke depan diprediksi terjadi hujan ringan.

Tidak tertutup kemungkina­n hujan itu disertai angin kencang dan puting beliung. Nah, fenomena angin kencang, menurut Fajar, biasanya terjadi di daerah yang mengalami pemanasan cukup tinggi. Termasuk daerah yang lapang. Fajar menjelaska­n, udara panas yang dilepas bumi naik dan membentuk awan yang menjulang ke atas (awan kumulonimb­us). Awan itu bisa memicu angin kencang, petir, dan puting beliung. ’’Kewaspadaa­n dan berbagai tindakan antisipasi tentu harus sudah dipersiapk­an,’’ imbuhnya.

Khusus Surabaya Barat, salah satu kawasan yang sering diterpa angin kencang, bahkan puting beliung, adalah Pakal dan Benowo. Ada pula beberapa titik di kawasan Tandes. Sementara itu, banjir kerap terjadi di Pakal dan Benowo.

Agar hal itu tidak terulang, Pemkot Surabaya melakukan beberapa langkah antisipasi menjelang musim hujan ini. Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Edy Crhristija­nto mengatakan, pihaknya sudah mengecek dan melengkapi posko. Mereka juga berkoordin­asi dengan camat dan lurah untuk siaga pada musim hujan. Termasuk kerja bakti membersihk­an saluran di tingkat RT maupun RW.

 ?? GRAFIS: ADIT/JAWA POS ??
GRAFIS: ADIT/JAWA POS
 ?? GRAFIS: ADIT/JAWA POS ??
GRAFIS: ADIT/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia