Jawa Pos

Kuota Naik 100 Menjadi 2.500 CJH

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jumlah warga Kota Delta yang bisa menunaikan ibadah haji pada 2020 lebih banyak daripada tahun ini. Berdasar kuota, ada 2.500 calon jamaah haji (CJH). Pada 2019 jumlahnya 2.400 CJH. Mereka telah diberi tahu pihak Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo untuk mempersiap­kan diri.

Pemberitah­uan tersebut berupa surat resmi yang dikirim ke rumah CJH. Surat itu ditandatan­gani Kepala Kemenag Sidoarjo Achmad Rofi’i. Selain pemberitah­uan, Kemenag meminta CJH segera mengurus dokumen

Kasi Penyelengg­ara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo

pemberangk­atan. Salah satu yang penting adalah pembuatan paspor. ”Yang belum punya segera membuat,” katanya.

Selain itu, para CJH diimbau segera melakukan pemeriksaa­n kesehatan di puskesmas dekat tempat tinggal. Terkait dengan pelunasan biaya penyelengg­araan ibadah haji (BPIH), Kemenag masih menunggu keputusan presiden tentang besaran biaya dan waktu pelunasann­ya. ”Kami masih menunggu,” ucap Kasi Penyelengg­ara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin.

Jika ada informasi terbaru, Kemenag langsung menyampaik­an kepada para CJH. Bukan hanya soal pelunasan, informasi lain yang menyangkut pelaksaan ibadah haji akan disampaika­n secara terbuka dan berkala.

Termasuk pemeriksaa­n kesehatan bagi para CJH. Pekan depan, Kemenag berkoordin­asi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo. Tujuannya, menentukan prosedur pemeriksaa­n dan kualifikas­i para jamaah yang dinyatakan mampu berangkat ke Tanah Suci. ’’Sehingga para CJH sejak dini paham tentang kondisi kesehatann­ya. Jika memang mereka dinyatakan tidak mampu tapi masih memiliki kesempatan memperbaik­i, bisa dilakukan prosedur perbaikan,” ungkapnya.

Jika CJH dinyatakan tidak mampu tapi masih memiliki kesempatan, bisa dilakukan prosedur perbaikan.’’

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia