Jawa Pos

Truk Antre Berjam-jam di Surabaya

■ Picu Kemacetan Parah di Kalianak ■ Pengusaha Ancam Kandangkan Armada

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kemacetan parah terjadi di Jalan Kalianak kemarin (14/11). Ratusan truk kontainer mengular. Antrean panjang di SPBU merupakan penyebab utama kemacetan itu.

Salah satunya di SPBU 54.601.123 Jalan Kalianak. Sejak pukul 06.00 puluhan truk kontainer mengantre. Terutama di jalur pengisian solar

Para pengemudi memutuskan untuk mengisi bahan bakar dengan cara full tank atau sekitar 130 liter. Sebab, bahan bakar solar langka.

Misalnya, yang dilakukan Subadi, sopir truk. Demi mendapatka­n solar, pria 30 tahun itu harus mengantre selama dua jam. Meski sangat lama, hal tersebut tetap dilakukann­ya. Selama ini Subadi kerap pergi ke Madura dengan mengendara­i truknya. Dia tidak mau berspekula­si. Di sana tidak ada SPBU yang menjual solar. Di semua SPBU, solar habis. Karena itu, Subadi memilih putar balik ke Surabaya.

Di SPBU-SPBU lain, antrean panjang juga terjadi. Di antaranya, SPBU di Jalan Kalianak, Margomulyo, Jakarta, Gresik, dan Demak. ”Sejak kemarin-kemarin, pada pukul 14.00 ke atas pasti solar di seluruh SPBU di ruas jalan tersebut habis. Jadi, kalau mau dapat solar, mengisinya harus pagi,” ucap dia.

Supervisor SPBU Jalan Kalianak Dedi Firmansyah mengatakan, sudah seminggu terakhir penjualan BBM solar meningkat. Dalam sehari, 24 ribu liter solar habis dalam waktu cepat. Biasanya dalam setengah hari saja.

Persoalan kemudian muncul. Trukkontai­ner yang tidak mendapatka­n solar tak mau menyingkir. Pengemudin­ya memarkir truk untuk menunggu pasokan solar.Penumpukan kendaraan tersebut memicu kemacetan. ”Ada yang nungguin. Ada juga yang cari di tempat lain. Kami tidak bisa memastikan jam berapa mobil tangki berisi BBM solar datang ke sini,” ujarnya.

Meski ada peningkata­n penjualan solar, Dedi mengatakan bahwa kelangkaan belum terjadi di SPBUnya. Setiap hari pendistrib­usian bahan bakar berlangsun­g normal. Baik BBM jenis pertalite, pertamax, dex, premium, maupun solar.

Dia menduga, permintaan solar meningkat karena terjadi kelangkaan di daerah lain. Dengan begitu, sopir memutuskan untuk mengisi bahan bakar secara full sebelum melakukan perjalanan.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal mengatakan, kemacetan akibat antrean panjang di SPBU tidak hanya terjadi di Jalan Kalianak, tapi juga Jalan Margomulyo dan Greges.

Kelangkaan bahan bakar solar di wilayah Surabaya tentu saja membuat pengusaha angkutan barang kelimpunga­n. Mereka mengeluh. Sebagian memutuskan untuk berhenti beroperasi karena sulit mendapatka­n solar.

Ketua Organda Khusus Pelabuhan Tanjung Perak Kody Lamahayu menyebutka­n bahwa kelangkaan berlangsun­g sejak dua minggu terakhir. Puncaknya tiga hari terakhir. Gara-gara itu, Organ da banjir keluhan dari pengusaha .’ Sehari, rata-rata 10 pengusaha mengeluh. A dayang mengandang kan armadanya karena putus asa,” kata Kody.

Dia tak menampik soal adanya penumpukan kendaraan angkutan barang di jalur-jalur protokol kawasan utara. Antrean terjadi di 14 SPBU yang berdekatan dengan kawasan pelabuhan.

Lantas, apa langkah Organda? Kody mengatakan sudah mengirim surat ke sejumlah instansi. Mulai Pertamina, kepolisian, hingga dishub. Dia berharap pasokan solar lancar lagi.

Keluhan mengenai kelangkaan solar bersubsidi juga disampaika­n Ketua DPC Organda Surabaya Sonhaji. Dia menegaskan bahwa instansiny­a menunggu situasi seminggu ke depan. Jika solar masih langka, Organda mengancam untuk mogok. ’’Yang jelas, kami akan stop operasi jika masih sulit mendapatka­n bahan bakar,” tegas Sonhaji.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MENGULAR: Truk menyesaki Jalan Kalianak kemarin (14/11). Kemacetan itu dipicu antrean truk yang akan mengisi solar di SPBU kawasan tersebut. Para sopir menyebut solar mengalami kelangkaan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MENGULAR: Truk menyesaki Jalan Kalianak kemarin (14/11). Kemacetan itu dipicu antrean truk yang akan mengisi solar di SPBU kawasan tersebut. Para sopir menyebut solar mengalami kelangkaan.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PADATI JALAN: Khawatir kehabisan solar, truk sampai mengantre di depan SPBU kemarin (14/11).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PADATI JALAN: Khawatir kehabisan solar, truk sampai mengantre di depan SPBU kemarin (14/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia