Jawa Pos

Ancam Spurs

Pemain Top yang Free di Akhir Musim

-

15 pemain top yang kontraknya habis akhir musim ini, Premier League jadi yang terbanyak. Ada delapan pemain dari Premier League yang kontraknya habis di pengujung musim.

Willian Christian Eriksen

Market Value GBP 90 juta

Toby Alderweire­ld

GBP 36 juta

Jan Vertonghen

GBP 19,8 juta

GBP 31,5 juta

Olivier Giroud

GBP 10,8 juta

Adam Lallana

GBP 13,5 juta

Dries Mertens

GBP 22,5 juta

Ever Banega

GBP 13,5 juta

Nemanja Matic

GBP 22,5 juta

Eric Bailly

GBP 22,5 juta

Blaise Matuidi

GBP 19,8 juta

Juan Cuadrado

GBP 16,2 juta

Stefan Savic

GBP 31,5 juta

Mario Goetze

GBP 19,8 juta

Thomas Meunier

GBP 27 juta

LONDON, Jawa Pos – Bursa transfer musim dingin memang baru dibuka per 1 Januari 2020. Namun, tim-tim besar Eropa bergerilya sejak sekarang. Apalagi, akan ada beberapa nama beken yang bisa didatangka­n secara cuma-cuma pada musim depan. Sebab, kontrak mereka habis akhir musim ini. Tottenham Hotspur menjadi klub yang paling menderita. Bagaimana tidak. Ada tiga pilarnya yang berstatus free agent akhir musim nanti. Mereka adalah gelandang Christian Eriksen dan duo bek tengah, Toby Alderweire­ld serta Jan Vertonghen. Kontrak ketiganya bersama The Lilywhties –julukan Spurs– berakhir 30 Juni 2020. Padahal, mereka masih menjadi pilar inti dengan setidaknya main lebih dari 50 persen laga Spurs musim ini. Sebagaiman­a dilansir Daily Mail, mereka ditengarai kompak menolak tawaran kontrak baru setidaknya untuk musim depan. Jika benar, Spurs gagal menghasilk­an uang dari penjualan ketiga pemainnya tersebut. Berdasar market value dari Transferma­rkt, Spurs bisa kehilangan lebih dari Rp 2 triliun. (lihat grafis)

Sebenarnya Spurs bukannya tanpa usaha untuk memperpanj­ang kontrak Eriksen-Alderweire­ld-Vertonghen. Tetapi, usaha mereka selalu kandas. Itu diperparah oleh perlakuan manajemen yang seolah mengusir secara perlahan bek kiri Danny

Rose. Bek 29 tahun tersebut tidak disertakan dalam skuad tur pramusim dan digaransi tidak akan mendapat kontrak baru saat kontrak lamanya habis pada 2021. Padahal, sama dengan Eriksen-Alderweire­ld-Vertonghen, Rose adalah pilar utama dengan main dalam sembilan dari 17 laga musim ini.

’’Aku tahu apa yang mereka (manajemen, Red) lakukan pada musim panas (mencoba menjualnya, Red). Tapi, justru tidak ada tawaran. Itu omong kosong,’’ semprot Rose sebagaiman­a dilansir The Guardian.

Kisruh internal di Spurs diperburuk oleh performa tim musim ini yang terjun bebas. Runner-up Liga Champions musim lalu itu terbenam di peringkat ke-14 Premier League, tersingkir dari Piala Liga, dan belum memastikan tiket ke fase knockout

Liga Champions.

Kondisi Spurs tentu saja menjadi angin segar bagi Real Madrid. Mereka memang sedang mengincar

Eriksen. Ya, tim asuhan Zinedine Zidane itu bisa mendapatka­n gelandang Denmark itu tanpa perlu usaha dan uang ekstra.

Kasus Eriksen nyaris serupa dengan Rose. Pemain 27 tahun tersebut sebenarnya sudah diburu Real sejak awal musim. Tetapi, Spurs enggan melepas dia. Mereka pede bisa memperpanj­ang kontrak jebolan akademi Ajax Amsterdam itu. Tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Kini Spurs harus bersiap kehilangan GBP 90 juta (Rp 1,63 triliun) yang merupakan market value Eriksen jika dia benar-benar pergi ke klub lain musim depan.

Manchester United merupakan peminat utama Alderweire­ld. Dia dibidik untuk menggantik­an bek tengah Eric Bailly yang kontraknya juga habis akhir musim ini. Sedangkan Vertonghen masuk incaran Inter Milan.

Nerazzurri tidak hanya mengincar pemain dengan potensi gratisan di luar negeri. Di dalam negeri, mereka juga membidik striker Napoli Dries Mertens yang kontraknya kedaluwars­a akhir musim ini. Striker Belgia itu bahkan dilaporkan La Gazzetta dello Sport sudah deal gaji dengan Inter EUR 6 juta (Rp 93,1 miliar) per musim selama dua musim.

Tetapi, menurut laporan Tuttosport, ambisi Inter mendapatka­n calon top scorer sepanjang masa Napoli itu tidak akan mudah. Sebab, AC Milan dan Juventus juga berniat mendapatka­n pemain 32 tahun tersebut.

 ??  ?? CHRISTIAN ERIKSEN
DRIES MERTENS
MARIO GOETZE
CHRISTIAN ERIKSEN DRIES MERTENS MARIO GOETZE
 ?? ANDREAS SOLARO/AFP PHOTO IAN KINGTON/AFP PHOTO ??
ANDREAS SOLARO/AFP PHOTO IAN KINGTON/AFP PHOTO
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia