Jawa Pos

Siap Diaudit Kapan Saja

-

MENJADI direktur utama sebuah perusahaan dengan sumber dana dari desa tidak dibayangka­n sebelumnya oleh Reza Adiswasono

Sebelum bergabung dengan PT Maju Berdikari Sejahtera Pati (MBSP), Reza menggeluti usaha di bidang desain interior dan minuman. Karena menyukai tantangan baru, maka ketika ditawari bergabung untuk mengembang­kan MBSP, tanpa pikir panjang dia menerima ajakan itu.

Meski dipercaya banyak pihak, mulai BUMDes Bersama Mandiri Sejahtera Pati hingga Pemerintah Kabupaten Pati, bagi dia, tidak mudah mendapatka­n kepercayaa­n dari kepala desa. Banyak pertanyaan yang ditujukan kepadanya, termasuk timnya. ”Sebenarnya ini mau dibuat apa sih? Kemudian, ada yang tanya, bisa nggak anak-anak muda mengelola? Bisa dapet untung tidak?” katanya, menirukan.

Untuk menghapus kekhawatir­an pengelolaa­n dana, menurut Reza, MBSP siap diaudit kapan saja. Ucapan itu selalu dia sampaikan kepada mereka yang hendak bergabung sebagai tanda keseriusan komitmenny­a. Segala sindiran yang didapatnya justru memacu perusahaan­nya untuk lebih maju. ”Kami sudah mengganden­g akuntan, jadi siap diaudit,” tuturnya

Reza menjelaska­n, pihaknya sudah menyiapkan deretan rencana yang siap dieksekusi tahun depan. Bisnis yang dibidik, salah satunya, tidak membutuhka­n modal besar. Selain itu, bisnis yang sudah berjalan akan dikembangk­an. Di bidang infrastruk­tur, misalnya, pihaknya berencana membeli alat molen.

Bendahara BUMDes Bersama Mandiri Sejahtera Pati Yohan Wahyudi menyampaik­an, soal usaha yang dikembangk­an, sengaja dipilih yang tidak berbentura­n dengan yang sudah ada. Terutama dari usaha yang dikembangk­an warga desa. Sebab, kalau sama, usaha itu bisa mematikan bisnis warga desa. Karena itu, tidak mengherank­an, jenis usaha yang dipilih seperti klinik dan co-working space terbilang baru di Pati.

”Dengan bergabung di dalam BUMDes Bersama, maka bisa dengan mudah mengetahui potensi-potensi antardesa,” jelasnya. Kendati saat ini baru 159 desa yang bergabung, dia yakin jumlahnya akan terus bertambah. Sejalan dengan pemahaman mengenai manfaat BUMDes, bersama yang kian meluas.

 ?? RESTU DISTIAMARD­IANTI/JAWA POS ?? BUKA JUNI LALU: Perawat membantu menangani pasien yang datang di Klinik Pratama BUMDes Sehat, Kecamatan Pati, Pati.
RESTU DISTIAMARD­IANTI/JAWA POS BUKA JUNI LALU: Perawat membantu menangani pasien yang datang di Klinik Pratama BUMDes Sehat, Kecamatan Pati, Pati.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia