Jawa Pos

Terparah Selama 2 Tahun Terakhir

-

KEDIRI, Jawa Pos – Kekeringan di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, berpotensi meluas ke wilayah rukun warga (RW) lain. Setelah ada pengaduan masyarakat, kekurangan air bersih juga dikabarkan dialami warga Lingkungan Jarakan.

Namun, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri masih mengecek pengaduan tersebut. Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Kesiapsiag­aan BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno menuturkan, ada laporan kekurangan air di RW 3, RT 13. Permukiman tersebut berada di lingkungan Jarakan.

’’Kami baru mendapatka­n dumas (pengaduan masyarakat, Red). Ada yang kekeringan lagi,’’ terangnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Adi menyatakan, untuk memastikan laporan itu, BPBD akan melakukan asesmen ke sana. Tujuannya, memastikan jumlah kepala keluarga (KK) yang membutuhka­n air bersih.

’’Hari ini (kemarin, Red) kami asesmen ke lingkungan Jarakan,’’ tuturnya. Kemarin, BPBD masih mendroppin­g air bersih ke Kelurahan Pojok. Adi mengungkap­kan, total ada tiga rukun tetangga (RT) yang mendapat kiriman air bersih. Yakni, RT 22, RT 23, dan RT 24. Sementara itu, RT 25 yang sebelumnya mendapat bantuan kemarin dihentikan. ’’Sekarang hanya tiga RT,’’ katanya.

Adi menambahka­n, ada satu tangki air atau 5.000 liter yang dikirim ke tiga RT. Sebelumnya, BPBD mengirim dua tangki di empat RT. Setelah satu tangki didistribu­sikan, truk milik perusahaan daerah air minum (PDAM) kembali untuk mengambil air.

Untuk diketahui, empat RT yang mendapat kiriman air bersih sebanyak 376 kepala keluarga (KK). Perinciann­ya, RT 22 sebanyak 102 KK, RT 23 (114 KK), RT 24 (80 KK), dan RT 25 (79 KK).

 ?? ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? REALISASI BANTUAN: Adi Sutrisno (kiri) ikut mendamping­i petugas yang mengirim air bersih di Lingkungan Tumpang, Pojok, Mojoroto.
ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR KEDIRI REALISASI BANTUAN: Adi Sutrisno (kiri) ikut mendamping­i petugas yang mengirim air bersih di Lingkungan Tumpang, Pojok, Mojoroto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia