Jawa Pos

Tujuh Laga Sisa Adalah Partai Final

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah melewati tujuh laga tanpa kemenangan, Persebaya Surabaya akhirnya kembali merasakan manisnya poin sempurna. Green Force –julukan Persebaya– tak mau kehilangan momentum tersebut. Persebaya ingin terus melanjutka­n tren kemenangan dalam tujuh laga tersisa.

Untuk itu, pelatih Persebaya Aji Santoso memberikan penekanan khusus kepada seluruh pemainnya setelah Persebaya mengalahka­n PSM Makassar 3-2. ”Saya bilang ke pemain bahwa semua pertanding­an dalam tujuh laga tersisa adalah final. Saya perlu menekankan itu agar kami tidak kehilangan momentum ini,” ucap Aji.

Penekanan tersebut dirasa Aji sangat penting. Bukan saja agar Persebaya tidak kembali terjebak dalam tren negatif, tapi juga karena posisi tim asal Kota Pahlawan itu belum aman. Dengan baru mengumpulk­an 35 poin, Persebaya belum bisa terbebas dari ancaman masuk zona degradasi.

Raihan poin Persebaya itu hanya berjarak

9 angka dengan perolehan poin Kalteng Putra. Kese- belasan yang berada di batas paling atas zona merah atau di peringkat ke-16. ”Di tujuh laga sisa, pemain harus main fight. Ngeyel dan ngosek sebagaiman­a ciri Persebaya. Pemain harus menganggap setiap laga adalah final,” tegas Aji.

Mantan bek kiri Persebaya itu meyakini tujuh laga sisa Persebaya tidak bakal mudah dilalui. Terlebih saat berhadapan dengan tim papan bawah. Mereka pasti akan bertarung habishabis­an untuk menghindar­i jerat degradasi. Setidaknya ada tiga tim papan bawah yang akan menjadi lawan Persebaya. Yaitu, Semen Padang, Persija Jakarta, dan Perseru Badak Lampung FC. Selain itu, juara Liga Indonesia dua kali tersebut masih harus bertemu rival beratnya, Arema FC.

Di sisi lain, Persebaya justru bakal bermain tanpa dukungan suporter setianya: Bonek. Sesuai hukuman yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Persebaya tak diperkenan­kan didampingi suporterny­a hingga akhir kompetisi. Baik itu dalam laga kandang maupun tandang. Hukuman itu buntut dari invasi suporter Persebaya di akhir laga kandang kontra PSS Sleman pada 29 Oktober lalu.

”Tujuh laga sisa itu semuanya akan terasa sebagai laga tandang bagi Persebaya. Karena itulah, pemain tidak boleh terlena dengan kemenangan atas PSM,” pungkas Aji.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? BERSYUKUR: Para pemain Persebaya merayakan gol David da Silva ke gawang PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan (14/11).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS BERSYUKUR: Para pemain Persebaya merayakan gol David da Silva ke gawang PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan (14/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia