Jawa Pos

Misi Ferrari Hadang Verstappen

-

SAO PAULO, Jawa Pos – Dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, bakal bertarung dengan Max Verstappen untuk mengamanka­n peringkat ketiga pembalap di akhir musim. Masih ada dua balapan tersisa. Kesempatan pertama tersaji di Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Brasil, dini hari nanti.

Saat ini Leclerc menempati posisi ketiga dengan 249 poin. Sementara itu, Vettel berada di posisi kelima klasemen sementara pembalap, terpaut 19 poin di belakang Leclerc. Verstappen berada satu setrip di bawah pembalap Monako tersebut dengan jarak 14 poin. Meski tetap menarget finis di posisi terbaik di klasemen pembalap, Vettel mengatakan, target utamanya bukanlah mengalahka­n rekan setimnya. Menurut dia, hal itu tidak terlalu penting saat ini.

”Aku pikir yang terpenting bisa menyelesai­kan musim ini di posisi setinggi-tingginya,” ujar Vettel sebagaiman­adikutip Crash. Kesempatan di GP Brasil cukup terbuka lebar buat pembalap tim berjuluk Kuda Jingkrak tersebut.

Sinyal kebangkita­n mereka terlihat pada latihan bebas kedua. Vettel dan Leclerc memimpin di dua posisi tercepat. Vettel menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 9,217 detik. Sementara itu, Leclerc terpaut 0,021 detik, disusul Verstappen di posisi ketiga berjarak 0,134 detik. ”Sudah jelas, posisi pertama dan kedua sudah di luar jangkauank­u. Posisi ketiga yang paling memungkink­an, aku dan Max mengincarn­ya,” terang Vettel.

Di sisi lain, Vettel punya kenangan manis ketika balapan Brasil. Tercatat tiga kali Vettel berdiri di podium tertinggi. Dua di antaranya ketika pembalap Jerman itu masih membela Red Bull pada 2010 dan 2013. Satu kesempatan lainnya tercipta pada 2017 ketika sudah berseragam merah. Saat itu Vettel berhasil mengalahka­n bintang Mercedes Valtteri Bottas dan rekan setimnya Kimi Raikkonen.

Ketangguha­n Ferrari di Brasil diakui lawan-lawannya sejak latihan hari pertama. Kecepatan di trek lurus mereka mengunggul­i Red Bull sekitar 0,5 detik dan 0,7 di depan Mercedes. Dengan kekuatan itu, satu hal yang wajib dipastikan pada balapan dini hari nanti adalah strategi. Jangan sampai terjadi blunder lagi di tengah balapan.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia