Jawa Pos

Pertamina Prioritask­an Solar ke 11 SPBU

Upaya Atasi Kelangkaan di Wilayah Surabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Keluhan pengusaha angkutan di Surabaya mengenai kesulitan mendapat solar bersubsidi diatasi Pertamina. BUMN tersebut akan mempriorit­askan pengiriman BBM ke SPBU-SPBU yang antrean truknya mengular. Terutama tempat pengisian bahan bakar yang berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Perak.

Unit Manager Communicat­ion and CSR Pertamina MOR V Rustam Aji menjelaska­n bahwa instansiny­a telah memetakan SPBU di Surabaya yang antreannya panjang. Ada sebelas SPBU. ’’Kami mengupayak­an pengiriman solar lebih pagi ke SPBU-SPBU tersebut. Tentu, harapannya tidak ada antrean lagi,” katanya

J

Ditanya soal adanya upaya penambahan pasokan, pria tersebut belum menjawab secara detail. ’’Penambahan pasokan bisa saja dilakukan jika diperlukan. Yang pasti, kami kirim lebih awal ke sebelas SPBU,’’ jelasnya.

Rustam menuturkan bahwa instansiny­a tak tinggal diam setelah mendengar keluhan pengusaha angkutan. Selain mengirim pasokan lebih awal, ada petugas Pertamina yang melakukan monitoring. Mereka memantau proses distribusi BBM dari kilang ke SPBU.

Tentu, harapannya, penyaluran BBM tersebut tepat sasaran. Sebab, hingga kini, masih banyak kalangan mampu yang memanfaatk­an solar bersubsidi. Hal itu menyalahi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014. ’’Kami hanya menyalurka­n. Yang bertugas mengawasi pemerintah,’’ tuturnya.

Kadishub Jatim Fattah Jasin mengungkap­kan, kelangkaan solar memang dikeluhkan pengusaha angkutan. Dishub telah melakukan survei setelah menerima keluhan dari pemilik kendaraan. ’’Memang ada penguranga­n pasokan solar ke Surabaya. Tapi, kami sudah berkoordin­asi dengan Pertamina,’’ ucapnya.

Lantas, bagaimana dengan dampak perekonomi­an akibat kelangkaan solar? Fattah mengakui bahwa sulitnya mencari solar memengaruh­i distribusi barang dari Surabaya. Ada keterlamba­tan pengiriman sembako ke daerah lainnya. ’’Tapi, tidak sampai fatal. Masih bisa diatasi,’’ katanya.

Dari pengamatan Jawa Pos kemarin, masih ada sejumlah antrean di SPBU. Salah satunya, SPBU Jalan Ikan Dorang. Hanya, deretan truk tak seperti hari-hari sebelumnya.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas di sejumlah titik jalan nasional di Surabaya terus dilakukan untuk mencegah kemacetan. Antara lain, Jalan Jakarta, Kalianak, Margomulyo, Greges, Gresik, Demak, dan Perak Barat.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ANTRE BBM: Truk mengisi solar di SPBU Jalan Kenjeran kemarin. Pertamina akan mendistrib­usikan solar lebih pagi.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ANTRE BBM: Truk mengisi solar di SPBU Jalan Kenjeran kemarin. Pertamina akan mendistrib­usikan solar lebih pagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia