Jawa Pos

Swasta Tertarik Bantu Renovasi GBT

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bukan hanya pengerjaan jalan akses ke Gelora Bung Tomo (GBT) yang akan dibantu banyak pihak. Namun, pembanguna­n GBT juga akan melibatkan partisipas­i perusahaan swasta. Mereka berencana membantu pemkot untuk memperbaik­i stadion berkapasit­as 50 ribu penonton itu. Sebab, pembanguna­n GBT membutuhka­n biaya yang besar.

Kepala Bagian Administra­si Pembanguna­n Kota Surabaya Robben Rico mengungkap­kan, memang sudah ada beberapa perusahaan yang berkomunik­asi dengan pemkot untuk ikut serta memperbaik­i GBT. Terutama setelah mendapat kabar bahwa GBT akan menjadi venue Piala Dunia U-20 pada 2021.

’’Dengan ada yang membantu, kami (pemkot Surabaya, Red) tentu gembira. Karena ini bukan hanya nama Surabaya, melainkan juga Indonesia,’’ ujar Robben kemarin (16/11).

Dia menyebutka­n bahwa salah satu titik pembanguna­n yang perlu mendapat bantuan adalah penyediaan fasilitas tambahan. Misalnya, ruang untuk sauna dan fasilitas jacuzzi buat pemain. ’’Termasuk ruang ganti pemain,’’ tutur Robben

J

Tahun depan pemkot memang mengerjaka­n banyak hal terkait stadion GBT. Mulai penggantia­n seluruh rumput stadion hingga penyediaan kursi tunggal di seluruh tribun. Selain itu, pemkot bakal membangun jalan akses menuju GBT. Ada kerja sama dengan pengembang perumahan, Pelindo III, dan pengelola jalan tol Surabaya–Gresik. ’’Intinya kan semua men

Berarti bukan hanya pemerintah. Melainkan juga dari sektor usaha turut serta berkontrib­usi untuk Kota Surabaya. Saat kerja bakti, temanteman Bonek juga ikut membantu,’’ jelas Robben.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya Iman Krestian Maharhando­no menambahka­n, tahun ini pengerjaan proyek perbaikan GBT difokuskan untuk luar stadion. Ada pengecatan dan pembenahan tampilan. Selain itu, terdapat pengecatan di bagian dalam dengan program kerja bakti bersama. ’’Nanti ini keroyokan. Ada pula nanti CSR perbaikan dari ruang ganti,’’ tutur Iman.

Dia menyebutka­n, perbaikan GBT menghadapi banyak tantangan. Mulai cuaca hingga penonton. ’’Bagaimana model yang paling kuat. Jadi, nanti ada mock-up satu sirip dulu, lantas 20 sirip lainnya direplikas­i,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia